WTP Energi Berlari Wawonii Bangkit

116
Kepala BPK-RI perwakilan Sultra, Andi Sonny saat menyerahkan dokumen LHP LKPD tahun anggaran 2020 dengan opini WTP kepada Bupati Konkep Ir H Amrullah MT
Kepala BPK-RI perwakilan Sultra, Andi Sonny saat menyerahkan dokumen LHP LKPD tahun anggaran 2020 dengan opini WTP kepada Bupati Konkep Ir H Amrullah MT

KENDARI, KARYASULTRA.ID-Amrullah dan Andi Muh Lutfi senyum sumringah mendengar ucapan kepala
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)-RI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Sonny saat membacakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD ) tahun anggaran 2020 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini kedua ini juga sontak membuat beberapa pejabat Konkep yang hadir di ruang BPK mengucap syukur dan menebar senyum bahagia. Dalam momen bahagia tersebut juga diumumkan lima daerah yang juga meraih predikat WTP yakni Baubau, Muna, Kolaka Utara, Wakatobi dan Butur.

Sebelum pengumuman, Amrullah dan Ketua DPRD Konkep, Ishak membubuhkan tanda tangan berita acara serta dilangsungkan penyerahan LHP. Penyerahan ini berlangsung di kantor BPK-RI Sultra, Jumat sore (28/5/2021).

Kepala kantor BPK-RI perwakilan Sultra, Andi Sonny SH MM menyerahkan langsung hasil berita acara penandatangan dan hasil pemeriksaan LHP LKPD kepada masing-masing bupati dan ketua DPRD.

Amrullah didampingi wakilnya Andi Muh Lutfi dan ketua DPRD Konkep, Ishak.

Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari diberi amanah untuk membawakan sambutan mewakili enam daerah. Catatan LHP ini akan ditindaklanjuti sesuai hasil rekomendasi BPK yang memerlukan perbaikan berdasarkan petunjuk dokumen. “Kami juga apreasiasi kepada kawan-kawan BPK yang sudah melakukan pemeriksaan di daerah kami. Semoga ke depan daerah kami makin baik. Kami juga memohon maaf atas segala kekurangan. Semoga kinerja laporan keuangan kami makin baik,” harapnya.

Sementara Bupati Konkep, Amrullah dipercaya mewakili enam kepala daerah memberikan sambutan. Amrullah mengaku bersyukur karena diberi kesempatan mewakili para bupati dan walikota Baubau. Amrullah mengatakan, audit yang dilaksanakan merupakan suatu kebutuhan atas LHP yang sudah disusun untuk mempertanggungjawabkan kegiatan secara akuntabel dan transparan.

Selama pihak BPK melakukan pemeriksaan telah banyak memberikan masukan dan perbaikan karena dalam penyusunan masih ditemukan hal-hal yang perlu penyempurnaan agar lebih akuntabel dan profesional. Para pemeriksa telah memberikan arahan sehingga hasil audit dapat dilaporkan sesuai tepat waktu.

“Luar biasa atas segala arahan dan perbaikan yang diberikan kepada kami. Untuk itu atas nama perwakilan enam daerah mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf selama melakukan pemeriksaan ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga sesama abdi negara dapat dikenang dengan baik sebagai ladang ibadah kita semua,” kata Amrullah mengakhiri sambutannya.

Sementara kepala BPK-RI perwakilan Sultra, Andi Sonny mengatakan semoga dengan pertemuan ini makin memberikan hubungan baik antara pribadi dan lembaga. “Kami mengapresiasi kepada bupati dan ketua DPRD atas kerjasamanya dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Pemeriksaan ini merupakan perintah negara yang konstitusional. Olehnya kewajiban pemerintah daerah menyusun laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban jabatannya.

Pemeriksaan ini juga akan memberikan opini terhadap kewajaran pemerintah daerah terhadap kepatuhan pengelolaan anggaran, akutansi dan efektifitas sistem pengendalian internal. Olehnya opini ini dituangkan dalam buku LKPD.

Andi Sonny membacakan satu per satu daerah yang mendapatkan Opini LHP LKPD Ta 2020. Untuk Konkep meraih WTP, Muna WTP, Baubau WTP, Wakatobi juga meraih WTP, Kolaka Utara meraih WTP, lalu berikutnya Buton Utara diwakili wakil bupati, Ahali raih WTP.

“Kami sangat menghargai kerja keras pemerintah daerah atas keberhasilannya meraih WTP. Meski meraih WTP masih ada beberapa hal catatan yang perlu tindak lanjut dan perbaikan. Kami harapkan pimpinan DPRD untuk menindaklanjuti beberapa hal demi perbaikan. Semoga pemberian pengumuman ini agar menjadi perhatian sehingga ke depan makin baik lagi,” tegasnya.

Sandi Sonny juga menjelaskan kriteria yang digunakan dalam pemberian opini yakni penerapan standar akuntasi pemerintah, pengungkapan yang cukup, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas pengendalian interen. Berdasarkan hal tersebut maka LKPD melahirkan dua buku hasil pemeriksaan. Pertama buku LHP yang memuat opini dan buku dua yang memuat penilaian dan temuan-temuan atas efektivitas pengendalian intern dan kepatuhan atas peraturan perundang-undangan..

Ditemui usai kegiatan, Amrullah mengucapkan terima kasih kepada wakil bupati dan seluruh jajaran yang sudah bekerja ekstra sehingga tercapai Raihan WTP. Amrullah juga berharap ke depan akan lebih baik lagi dalam pengelolaan anggaran dan akan dipertahankan berdasarkan aturan yang berlaku.

Sementara ketua DPRD Konkep, Ishak menegaskan akan meneruskan beberapa catatan yang perlu ditindaklanjuti sesuai dokumen yang sudah mendapat petunjuk dari BPK. Terlepas dari catatan tersebut, pihaknya mengucapakan selamat kepada duet kepemimpinan pak bupati dan pak wakil yang telah membuktikan kinerjanya dalam menyusun LHP LKPD tahun anggaran 2020 sehingga mendapat predikat WTP. “Opini yang diberikan BPK adalah merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan. Selamat dan sukses semoga prestasi ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar tercapai kesempurnaan,” kata politisi partai Demokrat ini.

Redaksi/Kalpin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here