Waspada Bencana Kebakaran Mengintai, Pelajar Siap Siaga

24

BOMBANA, KARYASULTRA.ID– Insiden dadakan atau tak terduga sering terjadi dengan cepat. Baik itu gempa bumi, longsor hingga kebakaran. Untuk mengantisipasi, maka semua pihak harus diberi pembekalan. Upaya pembekalan kali ini menyasar Siswa SMP Negeri 18 Kabaena Utara, Kabupaten Bombana. Ikhtiar tersebut diajarkan mengenal alat pemadam kebakaran dan dilatih menjinakan api alat pemadam api ringan (APAR). Hal ini adalah upaya kesiapsiagaan terhadap bencana kebakaran.

Latihan penjinakan api atau pemadaman api ini bekerja sama dengan PT. Bukit Makmur Resources (BMR) sebagai salah satu bentuk pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di SMPN 18 Kabaena Utara.

Panji Reza Muzani, SPV HSE PT. BMR mengatakan bahwa sejak dini, masyarakat harus diberikan bekal mengenai konsep dasar timbulnya api, pencegahan kebakaran, respons pada saat kebakaran  dan pemadaman dengan APAR.

“Kehadiran kami (PT. BMR) di Bombana harus memberikan dampak positif kepada masyarakat. Salah satunya dengan bekal dan pengetahuan tentang cara melindungi diri atau keluarga dari bencana kebakaran. Kali ini SMP Negeri 18, nantinya kami akan menyentuh semua sekolah-sekolah,” Selasa (31/1/2023).

Selain penjinakan api, siswa juga diberi bekal pertolongan pertama pada kecelakaan yaitu penanganan patah tulang, bleeding, pertolongan pingsan, luka bakar dan bantuan hidup dasar.
Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai, dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan ikut mempraktekkan metode-metode P3K.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here