Warga Konkep Terdampak Covid-19 Dipastikan Terima Bantuan

67
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT didampingi Kadis Sosial H Rustam Arifin saat menyerahkan BST Kementrian Sosial secara simbolis di rumah jabatan Bupati.
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT didampingi Kadis Sosial H Rustam Arifin saat menyerahkan BST Kementrian Sosial secara simbolis di rumah jabatan Bupati.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Empat sumber bantuan langsung tunai (BLT) yang terbagi dari BLT DD, BLT Kabupaten, Provinsi dan bantuan sosial tunai (BST) Kementrian Sosial diyakini akan mengakomodir seluruh warga Konawe Kepulauan (Konkep) yang terdampak Corona Virus 2019 (Covid-19). Hal ini dikatakan Kadis Sosial Konkep, Rustam Arifin disela-sela usai penyerahan secara simbolis BST di rumah jabatan Bupati, Kamis siang (14/5/2020).

Ia mengatakan, dua pekan lalu telah dilakukan penyaluran BLT Dana Desa untuk bulan April. Kemudian Minggu ini BST Kementrian Sosial juga bakal disalurkan melalui kantor Pos yang dibantu pihaknya. Selanjutnya untuk BLT kabupaten juga akan disalurkan pekan depan. Untuk tiga item bantuan ini akan disalurkan mulai April, Mey dan Juni. Tiap bulannya Rp 600 ribu.

Selanjutnya, kata Rustam, untuk bantuan Covid-19 dari pemerintah provinsi Sultra hanya akan disalurkan satu bulan saja yang nilainya per kepala keluarga (KK) Rp 500 ribu.

“Kami Dinas Sosial selaku pihak yang diberi amanah mendata seluruh administrasi BLT Kabupaten, Provinsi dan BST Kementrian Sosial bekerja sama dengan pemerintah desa untuk mensinkronkan data penerima agar tidak terjadi penerima dobel atau ada masyarakat yang belum menerima. Olehnya itu kami berharap pemerintah desa dan kelurahan melaporkan data warganya yang benar-benar terdampak Covid-19 ini,” katanya.

Rustam hanya bisa merinci soal BST Kementrian Sosial. Dikatakannya, tiap bulan yang akan disalurkan ke masyarakat sesuai kuota yang disiapkan Kementerian Sosial yakni 2459. Namun sampai hari ini data yang masuk dari desa yang siap disalurkan yaitu 462 KK berdasarkan usulan desa. Jadi masih ada tersisah 1.997 KK yang akan disusul penyalurannya jika data usulan desa masuk lagi.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat yang belum menerima bantuan dari empat sumber ini agar melapor ke pemerintah desa setempat. Disinilah peran pemerintah desa berkerja cepat dan tanggap. Sebab jika dana yang disiapkan Kementrian Sosial tidak tersalur maka dana ini akan kembali lagi ke pusat.

Untuk diketahui, BLT Provinsi yang disiapkan kuotanya yakni 2000 tapi yang diusulkan Pemda Konkep hanya 562 KK dan jiwa karena banyak data tumpang tindih. Untuk BLT Kabupaten yang akan disalurkan pekan depan sesuai data yang masuk yaitu 730 KK.

Penulis: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here