Syarat UKW, Wartawan Swab Antigen

43
Redaktur Karyasultra.id Kalpin saat menjalani pemeriksaan Swab Antigen.

KENDARI, KARYASULTRA ID-Satu per satu peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) menjalani pemeriksaan Swab Antigen. 60 peserta dan panitia UKW dari PWI ikut serta dalam pemeriksaan tersebut. Swab berlangsung jam 9 pagi hingga jam 11:00 Wita. Hasilnya memuaskan, sebab hanya satu garis merah atau tidak reaktif.

Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono yang turut hadir memantau pemeriksaan juga menjalani Swab Antigen. Usai pemeriksaan yang dilakukan tiga orang petugas dari RSU Bahteramas, Sarjono mengatakan, pemeriksaan kondisi kesehatan untuk memastikan para peserta dalam kondisi sehat tanpa terpapar Covid-19.

Sarjono menjelaskan, kegiatan UKW berlangsung selama tiga hari tanggal 3-5 Maret di salah satu Hotel Kota Kendari. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pengujinya dari Dewan Pers dan PWI Pusat.

Ia memaparkan, UKW adalah salah satu cara untuk mengukur standar profesionalisme seseorang dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik. Peserta UKW terbagi tiga jenjang yakni level Muda, Madya dan Utama.

Sarjono menambahkan, materi ujian seputar kerja-kerja Wartawan. Bagaimana menulis berita sesuai kaidah jurnalistik, memahami UU Pers dan Kode Etik Jurnalis (KEJ).

“Alhamdulillah, hasil Swab Antigen non reaktif. Selanjutnya kita berharap proses UKW berjalan lancar dan semua peserta dinyatakan lulus. Aamiinnn,” ujarnya, Rabu (3/2/2021).

Laporan: Mlis

Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here