Sepuluh Tahun Festival Tangkeno Negeri di Awan

206

  • Bombana Surga Investasi

KARYASULTRA.ID BOMBANA- Festival Tangkeno merupakan satu dari sekian event yang ada di Sultra. Tangkeno adalah salah satu nama desa di Kecamatan Kabaena Tengah Kabupaten Bombana. Posisi desa tersebut berada pada ketinggian sehingga menjadikan desa Tangkeno sebagai “Negeri di Awan”.

Desa Tangkeno, dihuni oleh masyarakat yang masih memegang teguh kearifan lokal Suku Moronene. Diwaktu-Waktu tertentu desa Tangkeno bakal diselimuti oleh awan. Pada tahun 2013 pemerintah mencanangkan Tangkeno sebagai desa Wisata Sultra “Negeri di Awan”.

Festival Tangkeno digelar setiap tahunya sejak tahun 2013 oleh Pemerintah Kabupaten Bombana. Tahun ini festival Tangkeno masuk kedalam I 00 Besar Kharisma Event Nasional (KEN) yang di tetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Festival Tangkeno Ke 10 tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.Si ditandai dengan Pemukulan Gong. Festival tersebut dijadwalkan selama dua hari.

Acara festival dipusatkan di Desa wisata Tangkeno Kecamatan Kabaena Tengah.
Festival berjalan semarak, diawali dengan pawai kirab budaya. Dengan mengenakan pakaian adat, ratusan peserta festival berbaris mengitari anjungan plaza melewati panggung kehormatan.

Festival Tangkeno ke 10 dimeriahkan dengan menampilkan Kirab Budaya, Opening Tari Kolosal (Tari Lumense), Pameran Kuliner, Kriya dan Kemah Wisata serta Pasar Tradisional Tadoha Balu’a.

Tema Festival Tangkeno ke 10 yakni
Melestarikan Keberagaman Budaya Guna Mesujudkan Pariwisata Bangkit Ekonomi Pulih Menuju Bombana Surga Investasi.

Pj. Bupati Bombana Burhanuddin Festival Tangkeno ke 10 dapat memberikan nilai tambah dan dampak positif bagi ekonomi, sosial dan budaya pada masyarakat terlebih Festival Tangkeno sebagai event wisata tahunan daerah hingga nasional.

“Festival Tangkeno menjadi kesempatan untuk memperkenalkan nilai-nilai dan keunikan tradisi dan budaya masyarakat Tangkeno, sebagai Desa Wisata Negeri di Awan,“ kata Burhanuddin dalam sambutanya, Senin 10 Oktober 2022.

“Tidak hanya mendatangkan wisatawan dan investor di bidang pariwisata, tapi dapat pula meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat kabupaten Bombana,” sambungnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana Anisa Nur Prihatin mengatakan, Festival Tangkeno dimeriahkan beberapa jenis seni, diantaranya Kirab Budaya, persembahan tari kolosal menyanyikan lagu Kabaena Kampo Tangkeno, pembukaan pameran kuliner dan kriya, pembukaan Tadoha Balu’a, pelepasan lampion, artis perfomance lomba Modulele, lomba cerita rakyat Timgkat SD, lomba Lulo kreasi, lomba Lulo Alu serta pemilihan Waipode Anadalo Tokotua.

Festival Tangkeno mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam videonya, Sadiaga berharap even Tangkeno dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan manca negara sehingga dapat berkontribusi peningkatan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya di Kabupaten
Bombana

“Mari terus berkarya dan berkontribusi dengan semangat Gercep Gaspol,” ujarnya singkat.

Penulis: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here