Sehari, Dua Wilayah Di Sultra Diguncang Gempa

75
ilustrasi gempa
Ilustrasi

KARYASULTRA.ID KENDARI – Wilayah kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra), diguncang gempa tektonik berkekuatan 3.2 skala ritcher (SR) pada Rabu (3/10/2018), pukul 13.39 Wita.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra, menunjukan gempa terjadi pada kedalaman 9 Km timur laut Kendari.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi, berupa guncangan yang dirasakan oleh masyarakat Wawonii, Kabupaten Konkep, dalam skala intensitas I SIG BMKG ( II MMI ). Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” ujar Kepala Stasiun BMKG Sultra, Rosa Amelia, Rabu (3/10/2018).

Rosa Menambahkan, peristiwa gempa bumi di wilayah Konkep hingga saat ini tidak terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo yang berada di sekitar Kabupaten konkep,” tegasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, beberapa saat sebelum Konkep diguncang gempa, wilayah Kabupaten Konawe Utara, juga digoyang gempa berkekuatan 3,4 SR.

 

Sumber :

Sehari, Dua Wilayah Di Sultra Diguncang Gempa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here