Ruksamin-Raup kembali Terima Penghargaan Sakip Award

29
Ruksamin Bupati Konawe Utara Bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah Saat Menerima Sakip 2019

JOGJAKARTA, KARYASULTRA.ID-Empat tahun sudah duet kepemimpinan Ruksamin-Raup dilalui. Berbagai penghargaan level daerah hingga nasional ditorehkan ke duanya. Kali ini datang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berupa penghargaan atas keberhasilan menjalankan roda pemerintahan berbasis teknologi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Award.

Penghargaan bergengsi ini tidaklah mudah dilalui, sebab banyak kriteria penilaian pengelolaan daerah mulai dari perencanaan hingga tahap evaluasi yang dinilai langsung secara ketat oleh pihak Kemenpan-RB. Namun begitulah, hasil tidak pernah mengkhianati proses. Kerja keras Pemda Konut akhirnya membuahkan hasil menggembirakan. Dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra, Konut diganjar penghargaan Sakip Award oleh Menpan-RB yang diserahkan langsung pak Tjahjo Kumolo.

Usai menerima penghargaan, Bupati Konut, Ruksamin tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya atas capaian tersebut. “Alhamdulillah tahun ini kita mendapat kenaikan point dari tahun sebelumnya, ini akan terus kita tingkatkan dan saya harap semua penyelenggaraan akuntabilitas kinerja seluruh ASN di Konut terus ditingkatkan agar tahun 2020 kita bisa menaikkan dari predikat B ke predikat A,” katanya dengan nada gembira.

Untuk diketahui Kabupaten Konawe Utara adalah yang mencapai nilai tertinggi di Sulawesi Tenggara meskipun dengan predikat yang sama, akan tetapi ada peningkatan progres dari hasil yang dicapai. Walaupun baru berusia 13 tahun akan tetapi mampu menyamai predikat Kabupaten/Kota yang lebih dulu lahir seperti Kota Kendari, Kolaka, Muna serta mampu mengalahkan capaian Kabupaten Induknya yakni Konawe yang hanya mendapat nilai CC.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Plt. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, serta para kepala daerah penerima penghargaan SAKIP Wilayah III tahun 2019.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa implementasi SAKIP terus mendorong instansi pemerintah untuk fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Adapun 190 pemerintah daerah tersebut terdiri dari 178 kota dan kabupaten dari 12 provinsi. Keduabelas provinsi tersebut meliputi Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Maluku, Provinsi Papua, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi D.I Yogyakarta.

Di Sulawesi Tenggara pencapaian nilai predikat dimulai C, CC hingga B. Konawe Utara mendapat predikat B dengan perolehan Nilai 61,75 di tahun 2019, sedangkan pada tahun 2018 memperoleh nilai 60,04. Dengan peroleh nilai tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi hasil pada pemerintah Kabupaten Konawe Utara sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Laporan: Sulham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here