Puluhan Rumah Wawonii Timur Diterjang Banjir

320
Nampak banjir bah luapan sungai Munse Kecamatan Wawonii Timur Kabupaten Konawe Kepulauan
Nampak banjir bah luapan sungai Munse Kecamatan Wawonii Timur Kabupaten Konawe Kepulauan

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Hujan deras dari Senin-Selasa (21/6/2021) membuat sungai Munse meluap dan merendam puluhan rumah di Desa Lapulu Kecamatan Wawonii Timur Konawe Kepulauan (Konkep). Luapan air bah tersebut setinggi lutut orang dewasa telah merendam barang elektronik dan merusak fasilitas rumah tangga lainnya.

Hujan lebat selama dua hari itu juga merendam rumah-rumah warga. Bahkan menurut penuturan warga ada beberapa rumah nyaris hanyut diterjang air bah.

Pelaksana Kades Lapulu, Pikrudin saat dihubungi wartawan Karya Sultra mengaku hujan deras selama dua hari ini mengakibatkan meluapnya sungai besan Munse. Akibatnya puluhan rumah yang terendam banjir mengalami kerugian.

“Sejak hari Senin siang tiba-tiba air meluap. Hari ini juga meluap lagi dan bahkan lebih parah. Warga tidak sempat lagi mengamankan barang berharga dalam rumah karena banjir datang tiba-tiba. Di Desa kami lebih parah banjirnya ketimbang di Kelurahan Munse yang tetangga desa kami,” jelasnya, Selasa sore (22/6/2021).

Pikrudin mengatakan, wilayah desanya selalu jadi langganan banjir bah sungai Munse dikala hujan deras. “Kami termasuk jadi langganan banjir mana kala hujan deras berhari-hari, karena kami bertetangga dengan kali, jadi kalau airnya meluap disitulah rumah kami di porak-poranda oleh derasnya air,” katanya.

Pikruddin juga mengatakan ada beberapa rumah warganya yang berdekatan persis tidak jauh dari pinggir kali hampir terbawah arus karena ketinggian air lebih dari 2 meter. Di desa Lapulu ada sekira 69 rumah terendam banjir.

Laporan: Lisman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here