Posyandu Nakes Lasolo Tekankan PHBS

35
Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Lasolo saat memberikan Posyandu di Desa Andumowu.

KONUT, KARYASULTRA.ID-Guna memastikan kondisi kesehatan masyarakat lingkup wilayah kerja Puskesmas Lasolo selalu dalam keadaan baik-baik, maka pihak petugas kesehatan rutin menggelar Posyandu tiap bulannya. Salah satunya menggelar imunisasi kepada anak-anak. Selain itu melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak berupa pemeriksaan ibu hamil, memastikan gizi anak terpenuhi serta melakukan penyuluhan kesehatan terutama perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Selain tugas rutin berupa imunisasi anak-anak serta pemeriksaan kesehatan lainnya maka kami juga menekankan pentingnya menjaga PHBS. Apalagi saat ini dunia sedang melawan Pandemi Covid-19. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan diri berupa menjaga kebersihan serta memastikan memakan makanan bergizi,” kata Bidan Desa Puskesmas Lasolo, Idar Sutriani.

Idar merupakan Bidan Desa Andumowu yang kesehariannya bertugas melakukan layanan kesehatan umum. “Kami juga membuka diri memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat desa. Kita berharap masyarakat lebih memperhatikan kondisi kesehatannya, sebab menjaga lebih baik ketimbang mengobati,” ujarnya.

Kegiatan Posyandu rutin dilakukan tiap bulan. Sebab dalam Posyandu ada hal utama guna memastikan kondisi tumbuh kembang anak berupa imunisasi. Apalagi selain Covid-19, negara juga sedang melawan penyakit stunting. Olehnya itu kesehatan tumbuh kembang anak mulai umur 0-12 tahun perlu terpantau rutin. Apalagi Posyandu dilakukan secara gratis.

“Kita harapkan dalam pemberian pengobatan gratis ini masyarakat bisa betul-betul memanfaatkan apalagi ini menyangkut pemeriksaan ibu-ibu hamil dan pemberian gizi serta imunisasi kepada bayi untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat,” katanya usai di wawancara (9/1/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan bahaya Covid-19.

Laporan: Sulham Tepamba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here