Pemuda Wawonii Sukses Gelar Pameran Ekonomi Kreatif

127

KONKEP, KARYASULTRA.ID

Puluhan pemuda yang tergabung di organisasi Creatif Wawonii Forum (CWF) sukses menggelar pameran bertema Temu Karya Ekonomi Kreatif Lokal menuju Wawonii Bangkit. Pergelaran tersebut berlangsung dua malam yang juga dihadiri komika nasional asal Wakatobi, Raim La Ode. Selama pergelaran dipadati antusias masyarakat ibukota Langara.

Kegiatan itu berawal dari kegundahan Pemuda di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tentang bagaimana menyalurkan bakat-bakat yang sudah lama terpendam. Hingga akhirnya para pemuda yang tergabung dalam organisasi Creatif Wawonii Forum (CWF) berhasil meyakinkan pemerintah daerah untuk bersinergi menggelar iven tesebut. Iven itu juga di buka oleh Sekda Konkep dan dihadiri sejumlah pejabat daerah.

Dalam gelaran Pameran Ekraf yang di pelopori oleh CWF tersebut di laksanakan di pelajaran lapangan TPI Kota Langara, mulai tanggal 13 hingga 15 Desember 2022 itu, terbagi dalam 17 sub-sektor ynag di antaranya Kriya, kuliner dan film.

Sejak di laksanakan pameran itu, kehangatan euforia yang di persembahkan turut dirasakan sebagian masyarakat yang tinggal di pulau yang lebih di kenal dengan sebutan Pulau Wawonii, bahkan ratusan masyarakat memadati lokasi tempat di laksanakan pameran itu, ada yang memanjakan mata serta membeli produk yang di jajakan hingga menonton film yang menceritakan budaya masyarakat Wawonii yang di adopsi dari nenek moyang dalam melaksanakan prosesi pernikahan, yakni Tinensuka (Lamaran).

Pagelaran pameran itu, lahir karena adanya keresahan yang di rasakan oleh para pelaku usaha karena susahnya mengakses pangsa pasar untuk memasarkan berbagai produk rumahan yang di produksi, hal itu di katakan Ketua umum Creatif Wawonii Forum, Nanang Sofyan.

“Kegiatan ini lahir dari keresahan dan harapan. Bahwa banyak pelaku usaha ekonomi kreatif di Wawonii, namun mereka kesulitan untuk memasarkan produk mereka,” Kata Nanang

Dirinya pula berharap, kegiatan yang baru perdana itu lahir dari hasil kolaborasi organisasi CWF dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Konkep dapat menjadi media bagi pelaku ekonomi kreatif dalam mempromosikan hasil produksi yang mereka hasilkan.

“Semoga kegiatan ini menjadi media bagi pelaku ekonomi kreatif untuk tidak hanya mengenalkan produk mereka, tetapi juga sharing informasi dan pengalaman,” harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konkep, Cecep Trisnajayadi mengatakan pemerintah daerah konkep bakal lebih mensupport kegiatan-kegiatan seperti itu.”Pengembangan kreativitas tidak hanya menambah nilai produktifitas namun juga menambah nilai industri yang dihasilkan,”katanya

Di ucapnya pula, pemerintah daerah Kabupaten Konkep menjadikan ekonomi kreatif salah satu fokus pembangunan di daerah berbentuk hati itu, bahkan menurutnya banyak ekonomi kreatif yang perlu di kembangkan, tidak hanya di sektor kuliner, kriya, seni saja.

“Ekonomi kreatif ke depan akan menjadi penopang ekonomi masyarakat dan menjadi bagian dari rencana jangka panjang pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan,” Ucapnya

Laporan: Lisman
Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here