Pemuda Mahasiswa Langara Diskusi Kebangsaan

36
Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan saat mengungkap pujian terhadap terlaksananya diskusi kebangsaan yang di gelar pemuda mahasiwa Langara.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Diskusi Kebangsaan di gelar pemuda mahasiswa Langara dalam rangka peringatan perayaan 75 tahun Indonesia merdeka. Kegiatan berlangsung di salah satu kedai Coffee di Langara Minggu malam (16/8/2020). Diskusi menghadirkan pembicara dari Kakanda Muamar yang sudah malang melingtang dalam dunia pergerakan mahasiswa di masanya. Juga menghadirkan pembicara dari kalangan mahasiswa aktif Universitas Halu Oleo, jurusan ilmu hukum, Suratman.

Muamar menegaskan bahwa aturan bernegara bangsa Indonesia telah dengan tegas di atur dalam batang tubuh Pancasila dan juga UUD 1945. Itulah pedoman yang harus dimaknai secara mendalam agar tidak melenceng dari konsep bernegara. Untuk itu, mahasiswa sebagai pemegang estafet kepemimpinan harus mendalami dasar-dasar bernegara dengan baik agar tidak salah jalan.

Ia juga menjelaskan tentang pentingnya mahasiswa berorganisasi bukan hanya sekedar kuliah semata. Sebab, menurutnya karakter sebenarnya terbentuk ketika mahasiswa tersebut aktif berorganisasi. Namun, tetap menjaga tujuan utama menjadi mahasiswa yakni menggapai gelar sarjana.

Pada kesempatan itu, Suratman lebih menyeroti soal perilaku korupsi para pejabat. Perilaku menyimpang ini telah merusak dan menyengsarakan masyarakat. Olehnya, melalui diskusi kebangsaan seperti ini bisa menumbuhkan kembali semangat mahasiswa dalam bergerak menjaga negara dari rongrongan mental rusak pejabat.

Dalam kegiatan tersebut peserta diskusi menyeroti perilaku generasi pemuda yang lebih gemar main game dan enggan peduli terhadap kondisi negara dan daerah. Harapannya dengan diskusi yang dibangun bisa menumbuhkan kembali semangat generasi yang cerdas dan peduli terhadap banyak hal yang berkaitan dengan isu-isu krusial yang dihadapi masyarakat.

Pemuda lainnya berharap diskusi yang digagas agar sering-sering di gelar. Sebab akan memunculkan semangat belajar. Efeknya adalah menjaga kecintaan dan keutuhan NKRI. Jangan malah terjebak dengan doktrin yang menyesatkan.

Diskusi Kebangsaan tersebut diharapkan menambah pengetahuan terkait banyak hal soal ideologi bangsa serta perundang-undangan lainnya. Harapan lainnya tentu kekompakkan mahasiswa makin solid dan maju cara pandangnya.

Hadir dalam diskusi tersebut dari puluhan mahasiswa, tokoh pemuda, insan pers, pihak TNI dan juga Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan.

Tepat tengah malam pukul 24:00 Wita memasuki tanggal 17 Agustus 2020 para mahasiwa tersebut menyalakan kembang api dan membakar petasan yang dihitung mundur kadis Kominfo sebagai penanda peringatan masuknya hari kemerdekaan.

Jamhur mengatakan bahwa Diskusi Kebangsaan tersebut terlaksana karena adanya tanggungjawab bersama dalam merawat kemerdekaan bangsa yang sudah diraih dengan pengorbanan para pahlawan. “Kita jaga semangat kebangsaan demi menyongsong Indonesia Maju,” pintanya.

Penulis: Kalvin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here