Pemkab Konut Terapkan Aplikasi E-Kinerja Pertama Di Sultra

108
Ruksamin Bupati Konawe Utara Saat Membuka Acara Kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Aplikasi E-Kinerja Lingkup Pemda Konut.

KENDARI, KARYASULTRA.ID-Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian yang efektif dan efisien
Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) melalui Badan Kepegawaian Pengembabgan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mulai menerapkan teknologi informasi dengan mengadakan Aplikasi E-Kinerja melalui Bimbingan Tekhnis (Bimtek) di salah satu Hotel Kota Kendari, Kamis (25/2/2021).

Dengan bentuk implementasi E-Government dimana saat ini Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk melakukan semua proses kerja berbasis teknologi atau digitalisasi. Dimana penerapan aplikasi E-Kinerja dimaksudkan untuk memudahkan para ASN dalam perencanaan, pelaksanaan tugas dan penilaian kinerja ASN.

Optimalisasi kinerja yang berdasarkan tugas pokok dan fungsi ASN ini berkaitan langsung pada Program Pemerintah Daerah dalam Kesejahteraan ASN di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara yaitu pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Ruksamin Bupati Konawe Utara membuka secara langsung bimbingan tekhnis pengunaan Aplikasi E-Kinerja Mengatakan, dengan adanya pengunaan Aplikasi E-Kinerja di harapkan ASN sebagai tulang pungung birokrasi pemerintahan di tuntut untuk bekerja secara optimal. Manajemen kepegawaian harus tersistim sesuai apa yang sudah di amanatkan oleh Undang-Undang berdasarkan pada kaulifikasi,kompetensi dan kinerja masing-masing pegawai lingkup pemda Konut.

Kepala Kantor Regional IV BKN-Makassar Bapak Harun Arsyad, SH., MH. Saat Menyampaikan Sambutan Di Hadapan Peserta Bimtek.

“Output pelaksanaan kegiatan ini adalah mengintegrasikan sistem pelaksanaan dan pengawasan dalam pemberian TPP dimana orientasi hasil pekerjaan masing-masing ASN akan teraktualisasi secara langsung kedalam E-Kinerja,” ungkap Ruksmin Saat membuka kegiatan bimbingan Tekhnis E-Kinerja

Di tambahkan Ruksamin setiap ASN dalam pemenuhan indikator-indikator kinerjanya akan sesuai antara apa yang dikerjakan setiap hari dengan tujuan capaian kinerjanya. “Siapa yang rajin, siapa yang berprestasi, siapa yang berhak mendapat reward, siapa yang malas, siapa yang tidak mampu bekerja dan siapa yang akan kita copot akan terlihat,” Tegas Bupati ditengah-tengah sambutannya sebelum membuka kegiatan Bimtek.

Drs Harun Arsyad Kanreg Regiona IV BKN Makasar yang turut hadir Langsung memberikam Bimtek tentang pengunaan Aplikasi E-Kinerja Mengatakan, kehadiran Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS sistim ini jauh lebih berorientasi pada hal-hal yang lebih terukur dan dilakukan secara berkala dalam mengukur kinerja para pegawai. Tujuannya tentu agar pembinaan PNS lebih berdasarkan pada sistem prestasi dan sistem karir secara objektif, akuntabel, partisipatif dan transparan.

“Aplikasi E-Kinerja sangat memudahkan untuk memantau semua kerja pegawai mulai penyusunan SKP yang langsung terintegraai oleh SAPK. Nah untuk Konut salah satu Daerah yang pertama kali mengunakan sistim Aplikasi ini Khusunya di Sultra, dan pengunaan Aplikasi E -Kinerja di wajibkan paling lambat tahun ini semua daerah sudah harus mengunakan aplikasi ini,”Ungkap Drs Harun Arsyad Kanreg Regiona IV BKN Makasar

Moh. Nur Sain Kepala BKPSDM Konut Memaparkan, dengan sitim Aplikasi E-Kinerja Secara Online seluruh kinerja PNS dapat di pantau melalului perangkat yang tersambung secara Online dengan oprator masing-masing Dinas sehingga bisa di ketahui tingkat kehadiran para pegawai tiap hari kerjanya.

“Dengan Aplikasi sistim E-Kinerja semua dapat di ukur kinerja ASN secara otomatis melalui Pantauan Aplikasi Online. semua serba Online Absensi di lakukan online, kegiatan pegawai di pantau secera online, pelaporan kinerja online juga, semua manajemen kinerja PNS berbasis Online melalui Aplikasi E-Kinerja,” papar Moh. Nur Sain Kepala BKPSDM.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konawe Utara dengan Direktorat Kinerja BKN Pusat Jakarta sebagai pengguna penyedia aplikasi sekaligus menjadi narasumber dan Kepala Kantor Regional IV BKN-Makassar yang turut hadir langsung Kepala Kantor Regional Bapak Harun Arsyad, SH., MH.dan di ikuti seluruh Organisaai Perangkat Daerah (OPD) Camat, Lurah, dan Seluruh Kepala Puskesmas.

Laporan: Sulham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here