Pemkab Bombana Bakal Bagikan 30 Ribu Bibit Mete

47
Kadis Pertanian Bombana Muhammad Siarah

KARYASULTRA.ID, BOMBANA

Jambu Mete salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai strategis dalam pembangunan agribisnis. Kacang Mete di pasar dunia termasuk salah satu produk kacang-kacangan (nuts) yang paling banyak diperdagangkan dan termasuk komoditas mewah bila dibandingkan dengan kacang tanah atau almond.

Kabid Perkebunan Bombana, Rimbu

Meski terbilang beberapa tahun terakhir penghasilan petani jambu Mete menurun, namun hal itu tidak membuat Pemerintah
Kabupaten Bombana dalam hal ini Dinas Pertanian untuk tidak mendorong pertanian masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Bombana, Muhammad Siarah menyebutkan, tahun lalu Bombana kebagian 50 ribu lebih bibit jambu mete nurseri yang bersumber dari APBN yang dibibit langsung di Bombana. Rencananya ditahun 2023 pada November mendatang 30 ribu bibit mete unggulan bakal dibagikan ke Petani Bombana.

Diketahui. Bibit jambu mete yang akan dibagikan nantinya dengan kategori bibit unggul Nasional disemai diatas sehektar lahan Nurseri yang terletak di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu.

Siarah juga bakal memastikan keunggulan bibit mete, sebelum disebar kepatani, terlebih dahulu bibit-bibit tersebut tetap akan disortir. Kemudian dilakukan sertifikasi.

“Kita upayakan memberikan bibit jambu mete yang bagus kepada petani kita, kita mesti sortir sebelum dibagikan nantinya ke petani,” kata Siarah.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian Rimbu mengatakan program Kementerian Pertanian dengan tujuan pengembangan tersebut diyakini dapat memperbaiki penghasilan petani jambu mete yang beberapa tahun belakangan ini kerap mengalami hasil berkurang alias gagal panen, khususnya di Kabupaten Bombana. “Kebun jambu mete kita itu sudah tua dan sudah perlu diremajakan,” kata dia, Rabu (08/03/2023).

“Karenanya, 30 Ribu bibit mete yang nantinya bakal disebar tersebut tentunya akan memperbaharui jambu mete yang sudah perlu diremajakan. Khususnya di Bombana,”

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here