Pemda Konut Siaga Bencana dan Salurkan Bantuan ke Sulbar

47
Bupati Ruksamin saat memantau Apel kesiap siagaan Darurat Bencana Di halaman Kantor Bupati

KONUT, KARYASULTRA.ID-Bencana alam berupa banjir bandang telah membuat warga Kabupaten Konawe Utara trauma. Saat ini bencana alam yang terjadi di Majene dan Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memerlukan bantuan. Sebagai bentuk kepekaan sosial, pihak Pemda Konut telah beberapa hari ini menggalang dana dan telah siap disalurkan.

Bupati Konut, Ruksamin telah secara resmi melepas bantuan kemanusiaan tersebut melalui apel siaga dan gelar pasukan penanganan bencana tahun Rabu pagi. Apel siaga yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati dihadiri jajaran Forkopimda konut. Hadir pula Sekretaris Daerah Kasim Pagala, Kapolres Konut. AKBP Achmad fathul Ulum, Kepala BPBD Rahmatulah dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Apel siaga juga menghadirkan berbagai instansi terkait, dan relawan yang selama ini terlibat dalam penanganan bencana di bumi oheo

Ruksamin mengatakan, dengan tema upacara apel siaga tanggap darurat bencana yaitu ‘Siaga saat aman ada saat di butuhkan dan siap untuk selamat’ dengan wujud dan rasa tanggung jawab sehingga Apel siap siaga ini dapat di laksanakan sebagai langkah awal untuk mempersiapkan, menyiagakan seluruh elemen. Dan memperkuat seluruh unsur sarana dan fasilitas dalam hal ini penangulangan bencana ketika itu terjadi di manapun dan kapan pun di bumi konawe utara yang kita cinta ini.

Ruksamin Bupati Konawe Utara Saat Melepas Tim Relawan Pembawa Bantuan Menuju Mamuju Sulawesi Barat.

“Apel siaga ini diselenggarakan dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam dan non alam seperti yang sementara ini kita lagi perangi bersama Covid-19 sehingga tidak memakan korban di daerah konut.Meski demikian, kita tentunya berharap agar tidak ada bencana yang terjadi di bumi konut,” katanya.

Ia meminta kepada seluruh pihak yang terkait dalam penanganan bencana untuk lebih sigap dalam penanganan bencana di bumi oheo .Upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat. Harapannya, jika terjadi bencana bisa meminimalisir korban jiwamaupun harta benda. walaupun hal itu kita tidak inginkan ada bencana yang terjadi pada daerah ini tapi setidkanya kita sudah siap dan sigap untuk mengahadapi kemungkinan yang terjadi.

”Datangnya bencana alam ini tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Untuk itu, sikap waspada selalu kita lakukan agar bisa mempercepat upaya penanganan. Tidak lupa, koordinasi dengan instansi terkait lainnya juga perlu dilakukan secara rutin, kepada semua elemen yang terkait” ungkapnya.

Usai Apel siap siaga tanggap darurat Bupati konawe utara bersama Kapolres, Danlanal, Koramil dan OPD bersama-sama melepas relawan kemanusian utusan Pemda Konut untuk korban bencana gempa bumi.

Ruksamin sebelum melepas Tim gabungan menuju mamuju menyampaikan pesanya laksanakan tugas kemanusian ini dengan baik karna ini yang kalian bawa adalah nama kabupaten konut jaga kesehatan ke kompakan semoga dalam perjalananya tidak ada kendala dan selamat sampai pada tujuan menyalurkan bantuan kita kepada korban bencana di sulbar.

“”Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan saudara-suadara kita yang berada di Mamuju dan Majene,” ungkapnya

Di tambahkanya untuk personil yang di kirim untuk memberikan bantuan adalah gabungang dari TNI,Polri dan dari pemda juga sebanyak 16 orang Personil dan kendaraan roda empat lima yunit.

“Bantuan yang di kirim berupa beras 2 ton , Gula 500 kg, Indomie 100 dos,Pop mie 90 dos, Ikan kaleng 25 dos, popok 41 dos, masker dan obat-obatan,” katanya.

Laporan: Sulham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here