Pembangunan Infrastruktur Jalan di Konkep Lampaui Target RPJMD

276
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT (tengah). Ketua DPRD Konkep, Ishak SE paling kanan dan Wakil Bupati Konkep, Andi Muh Lutfi SE MM saat pengesahan APBD tahun 2020

LANGARA, KARYASULTRA ID-Kerja keras Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melobi pemerintah pusat guna mewujudkan pengaspalan jalan membuahkan hasil. Anggaran sebesar Rp 10 milyar bakal menghitamkan jalan yang menghubungkan kecamatan Wawonii Tengah menuju Wawonii Selatan. Awal tahun 2020, jalan dari Desa Wungkolo ke Bobolio akan teraspal 2,5 kilometer.

Dengan demikian, jika akumulasi pembangunan jalan sampai pengaspalan maka tahun 2020, jalan se-pulau Wawonii yang panjangnya 115 kilometer telah mencapai angka 50 persen presentasi pengerjaannya.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua dan doa masyarakat sehingga pembangunan infrastruktur jalan perlahan mulai dimuluskan dengan pengaspalan. Apalagi dengan masuknya beberapa kilometer jalan kita yang masuk kategori jalan nasional. Ini semua berkat masih terbinanya hubungan emosional pertemanan di sektor Pekerjaan Umum (PU) sehingga lobi-lobi kita disambut baik dan syukur tahun depan dikucurkan anggaran Rp 10 milyar,” kata bupati Konkep, Amrullah.

Aktifitas pengaspalan jalan tahun 2019 dibeberapa ruas jalan lingkar pulau Wawonii.

Mantan Kadis PU Konkep ini menambahkan, sesungguhnya perjuangan menjadikan beberapa ruas jalan lingkar Wawonii menjadi jalan nasional telah dimulai sejak dirinya masih menjabat Kadis PU. Tapi saat itu masih menemui banyak kendala.

“Setelah amanah memimpin daerah ini dipercayakan kepada kami, maka sesuai bunyi visi-misi yang kami sampaikan dan ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yakni selama 5 tahun kepemimpinan kami akan di aspal 30 kilometer. Alhamdulillah sampai 4 tahun kami memimpin sudah melebihi target 30 kilometer pengaspalan,” jelasnya

Amrullah juga menegaskan, pembangunan jalan dan jembatan adalah hal paling penting karena ini berkorelasi percepatan perekonomian masyarakat. “Ekonomi masyarakat akan membaik jika jalan kita sudah mulus. Arus transportasi hanya akan lancar jika jalan kita terbangun dengan baik, hasil pertanian dan perkebunan akan terdistribusi dengan mudah dan lancar,” terangnya.

Pasangan Andi Muh Lutfi ini lebih jauh mengutarakan beberapa hal selain sektor infrastruktur jalan yang menjadi fokus pembangunan. Sektor kesehatan adalah hal mutlak yang jadi konsen pembangunan, begitupun di sektor pendidikan juga tak kalah pentingnya untuk di dorong menjadi program unggulan melalui beasiswa cerdas Wawonii.

“Insya Allah ke depan kita fokus sektor pariwisata, perikanan, pertanian dan beberapa potensi daerah yang bakal mendatangkan peningkatan perekonomian masyarakat sertaeningjatan PAD kita,” harapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here