Pegawai Malas Penyumbang Terbelenggunya Daerah

235
Sekda Konkep, Ir H Cecep Trisnajayadi MM saat sidak di RSUD Konkep.

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Satu per satu kantor di lingkup pemerintahan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dimintai hasil absen manual yang sudah dibubuhkan tanda tangan. Dari hasil inspeksi mendadak (Sidak) tersebut terdapat beberapa pegawai tidak hadir berkantor. Bahkan beberapa nama yang sudah pernah mendapat sangsi tertulis dan bahkan telah disidang karena kemalasannya juga masih membandel.

Sidak tersebut dilakukan Senin Pagi (27/4/2020) oleh Wakil Bupati Konkep Andi Muh Lutfi, Sekretaris Daerah Cecep Trisnajayadi, Kepala BKPSDM Umar, Asisten II dan III. Beberapa Kadis seperti Kadis Keuangan, PTSP, Pertanian, Perikanan belum masuk berkantor dengan alasan masih izin berada di luar daerah.

Saat Sidak di kantor DPMD Konkep, nampak Kadis PMD, Mihdar (memakai peci hitam) berdiri disamping Sekda guna memberi penjelasan beberapa pegawai yang tidak hadir berkantor.

Cecep Trisnajayadi mengatakan, Sidak ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan meski sedang menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19). Saat ini pegawai berkantor jam 08:00 sampai jam 12:00 Wita. Jam selanjutnya berkantor dari rumah.

Bulan suci ramadhan ini tidak ada libur. Pegawai berkantor seperti biasa. Olehnya itu, Sidak ini perlu dilakukan demi memastikan para pegawai menjalankan tugas wajibnya. “Secara umum kehadiran pegawai di angka 85 persen. Beberapa pegawai yang memang sudah masuk catatan hitam alias memang suka membolos sudah kami kantongi nama-namanya. Sangsi tegas akan kami lakukan, kami tidak main-main menegakkan disiplin. Sebab kami sadari bahwa pegawai malas akan jadi benalu bagi daerah dan tentu berdampak terhadap maju tidaknya daerah ini,” kata Cecep Trisnajayadi.

Ia juga mengatakan, saat sidak di kantor Capil berjalan normal. Rumah Sakit juga demikian baik kehadiran pegawainya. Namun di rumah sakit harus dibatasi para pengunjung demi menjaga keselamatan di tengah pandemi Corona.

“Untuk beberapa dinas seperti pendidikan, kesehatan, perhubungan, pemerintahan desa, PTSP dan kantor dinas lainnya berkantor secara normal. Harapan kita, jangan jadikan masalah global kesehatan dan bulan suci ramadhan sebagai penghalang untuk tidak melaksanakan kewajiban sebagai abdi negara. Kita harus tetap jalankan tugas dan memastikan kondisi masyarakat dan daerah ini berjalan secara baik,” tegasnya.

Penulis: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here