PDI Perjuangan Konkep Buka Peluang Jadi Bupati

49

KONKEP, KARYASULTRA.ID

Kabupaten Konawe Kepulaun (Konkep) akan kembali menggelar Pilkada ketiganya setelah resmi menjadi daerah pemekaran sejak tahun 2013. Pilkada pertama pada tahun 2015, Pilkada kedua 2020 dan kali ini kembali menggelar Pilkada ketiganya November 2024. Menghadapi pesta lima tahunan ini, Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Konkep membuka secara resmi penjaringan bakal calon (Balon) bupati/wakil bupati mulai 5 April-20 April 2024. Tempat pendaftaran di desa Lamoluo Kecamatan Wawonii Barat.

Ketua Panitia Penjaringan Balon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDI Perjuangan Konkep, Asnal mengungkapkan,
Penjaringan dilakukan secara terbuka dan transparan baik terhadap Kader PDIP sendiri, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda, tokoh perempuan yang memiliki komitmen penuh untuk mengabdi dan mensejahterakan masyarakat Konkep. Selain itu, pihaknya juga akan mengusung kader terbaiknya untuk tarung bupati dan wakil bupati. Semua ini terpulang dari hasil survei.

Asnal menyampaikan bahwa sesuai mekanisme partai, ada tiga tahapan dalam perekrutan balon kepala daerah ini.
Pertama, penjaringan dilakukan secara terbuka melalui DPC. Kedua penyaringan melalui DPD dan Ketiga penetapan oleh DPP Partai.

“Penjaringan sampai 20 April 2024 di DPC setelah itu dilakukan penyaringan oleh DPD berupa fit and proper test dan penetapan dilakukan oleh DPP,” katanya, Jumat pagi (5/4/2024).

Sementara ketua DPC PDI Perjuangan Konkep, Ajesar Boy mengatakan, pihaknya berkeyakinan akan memenangkan pertarungan Pilkada setelah meraih dua kursi pasca Pilcaleg. “Kami meraih dua kursi dalam satu Dapil. Ini menandakan satu kekuatan untuk menatap kemenangan Pilkada. Walau demikian, kami siap berkoalisi dengan partai lainnya. Sehingga pembukaan penjaringan ini bertujuan memberikan kesempatan kepada kandidat terbaik untuk turut berkontestasi. Namun, siapapun yang diusulkan DPP akan merujuk hasil survei yang akan kami turunkan dalam waktu dekat pasca penjaringan,” terangnya.

Laporan: Ardi Wijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here