Mengawal Uang Tunai Covid-19

59
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT saat menyerahkan BLT DD kepada keterwakilan masyarakat Desa Tumburano Kecamatan Wawonii Utara.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Iring-iringan mobil bupati beberapa hari ini bergerak dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya. Bupati Konawe Kepulauan bersama unsur pimpinan DPRD dan beberapa kadisnya terjun langsung ke lapangan guna memastikan data penyaluran bantuan agar tak salah sasaran ataupun tumpang tindih.

Dari tujuh kecamatan di daerah tersebut, semuanya dikawal dan diberi pengarahan serta penguatan dalam menghadapi pandemik Corona Virus Deases 2019 disingkat Covid-19. Kecamatan pertama yang dikunjungi rombongan ini yakni Kecamatan Wawonii Utara, disusul Tenggara, Barat, Selatan, Tengah, Timur dan terakhir Kecamatan Wawonii Timur Laut.

Saat penyerahan BLT DD di Desa Munse Indah Kecamatan Wawonii Timur.

Di setiap kesempatan, Bupati Konkep, Amrullah berharap agar masyarakat bersatu memutus rantai penyebaran virus ini dengan cara mematuhi instruksi pemerintah. Bahkan dengan tegas, Amrullah mengatakan agar masyarakat yang sering mondar-mandir daerah zona merah seperti Kendari agar kepala desa dan bersama masyarakat setempat untuk memberlakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Bahkan bagi sales yang juga berkeliaran agar tidak lagi dilayani sebab mereka itu merupakan warga luar berpotensi membawa virus.

“Kita berdoa dan terus ikhtiar semoga daerah ini tetap zona hijau hingga virus ini berlalu,” pintanya. Ia juga meminta masyarakatnya yang berprofesi sebagai Petani untuk menggalakkan penanaman pisang, ubi, jagung dan tanaman lainnya yang bisa menguatkan ketahanan pangan.

Amrullah menjelaskan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dari 89 Desa untuk secepatnya menyalurkan uang tunai tersebut sebanyak Rp 600 ribu perbulan. Untuk tahap awal penyaluran bulan April diperkirakan tuntas Minggu ke dua di bulan Mey. Selanjutnya BLT bulan Mey bakal disalurkan bulan Juni dan begitu selanjutnya.

Ir H Amrullah MT ketika menyerahkan BLT DD untuk warga terdampak Covid-19 untuk warga Desa Tangkombuno Kecamatan Wawonii Timur Laut.

BLT tersebut diharapkan meringankan beban hidup akibat dampak Covid-19. Perlu diketahui, BLT bersumber dari empat titik, mulai dari nasional, provinsi, kabupaten dan DD. Jadi untuk warga Konkep yang tidak dapat BLT DD maka akan dapat BLT kabupaten. Sehingga semua warga Konkep yang dinilai layak dapat BLT selain ASN maka akan kebagian BLT dari beberapa sumber tersebut selama bulan April, Mey dan Juni. “Intinya dipastikan layak dapat dan tidak dobel terima,” tegasnya.

Dikesempatan itu juga, Amrullah mengutarakan dampak Covid-19 ini telah ditarik Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 34 Milyar selain dana kesehatan dan pendidikan. Sehingga ini berdampak terhadap pembangunan jalan, jembatan dan beberapa bangunan pelabuhan. Selain itu, pemerintah daerah harus melakukan pengalihan anggaran sebesar Rp 12,5 milyar sebagai bentuk keseriusan menanggulangi Covid-19 ini.

Olehnya itu, diharapkan agar masyarakat bisa memaklumi kondisi negara dan daerah yang sedang bekerja keras memutus rantai penyebaran virus.

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh elemen yang sudah bekerja keras membantu pemerintah melawan dampak kesehatan global ini. Kepada petugas medis, Polri, TNI, Kades dan aparatnya yang sudah bekerja keras dan ikhlas semoga ini menjadi ladang ibadah, aamiinn,” jelasnya.

Dalam pertemuan penyerahan BLT secara simbolis tersebut. Amrullah bilang, jangan ada niat sedikitpun untuk memanipulasi data hingga terjadi Korupsi. “Jangan ada niat apalagi sampai bertindak Korupsi. Anggaran BLT ini cukup besar dan tentu berdampak hukum jika salah jalan dan salah urus,” katanya.

Iring-iringan penyaluran BLT DD secara keterwakilan tersebut finis di Desa Baho Bubu Kecamatan Wawonii Timur Laut, Rabu 6 Mey 2020.

Penulis: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here