Masyarakat Kabaena di Bantu Ambulans Laut

23

KARYASULTRA.ID, BOMBANA– Pulau Kabaena adalah salah satu Pulau diwilayah Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara. Untuk mencapai pulau ini harus ditempuh dengan jalur laut dari pelabuhan kasipute (Ibu Kota) menghabiskan waktu perjalanan 4 jam dengan menggunakan kapal ferry.

Apa jadinya jika Kondisi gawat darurat masyarakat? Hal itu menjadi Keresahan masyarakat Pulau Kabaena sendiri. Pulau yang terdiri dari enam kecamatan itu hanya memiliki fasilitas kesehatan yakni Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas)

Namun masayarakat setempat tak perlu khawatir lagi mengenai akses vital layanan keseatan, pasalnya PT. Tonia Mitra Sejahtera (TMS) menyediakan ambulans laut gratis yang menjadi salah satu akses yang bisa digunakan masayarakat setemat kapanpun jika dibutuhkan. Layanan transportasi laut darurat yang dilengkapi dengan peralatan medis ini, diharapkan dapat menjadi solusi dalam mempermudah pasien gawat darurat untuk menuju rumah sakit terdekat.

Head of Public Affairs PT. TMS Yessy Olivia mengtakan tidak bisa dipungkiri bahwa Pulau Kabaena merupakan daerah perairan dengan akses fasilitas kesehatan yang masih belum merata. Sehingga ketika ada pasien yang membutuhkan penanganan darurat, sering kali mereka kesulitan untuk mendapatkan transportasi ke rumah sakit, dan ini tentunya dapat meningkatkan risiko kehilangan nyawa.

“Oleh karena itu, sebagai aksi solidaritas dari TMS, kami berharap penyediaan ambulans laut ini dapat menjadi akses vital Ambulans laut yang berlokasi di situs Kabaena ini dapat menjangkau area Kabaena, Kasipute, hingga Buton dan akan beroperasi selama 24 jam,” kata dia, Kamis (16/03/2023).

PT TMS merupakan perusahaan tambang dengan spesialisasi di bidang penambangan mineral strategis nikel, yang sudah mulai menambang sejak tahun 2019 di pulau Kabaena, sehingga jelas bahwa warga Kabaena akan terus menjadi mitra. “Visi kami bukanlah hanya menjadi pemimpin namun juga menjadi mitra strategis di sektor pertambangan nikel yang menciptakan nilai bagi
kemajuan industri dan kesejahteraan mitra terkait melalui operasi tambang yang berkelanjutan,” tegas Yessy.

Untuk mencapai visi tersebut, ada banyak misi yang terus menjadi prioritas PT. TMS, mulai dari menjalankan operasi tambang dengan mengedepankan keselamatan kerja, kesehatan, dan dampak lingkungan; memastikan operasi tambang yang berstandar tinggi dan mengikuti peraturan yang berlaku; berkolaborasi dengan mitra terkait; memaksimalkan nilai barang tambang; dan juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal dan lokasi tambang melalui kegiatan tanggung jawab sosial.

Sementara itu Komisaris PT. TMS Krisna Puja Baskara menambahkan menyampaikan vis perusahaanya bahwa Keselamatan para penambang, kemajuan bisnis, dan dampak positif yang di hadirkan di masyarakat dan lingkungan menjadi 3 tujuan utama TMS di Bombana.

“Itulah ketiga hal yang akan terus menjadi fokus perusahaan kami. Ini merupakan misi besar dan tentu hanya akan tercapai dengan menciptakan kemitraan yang strategis dengan mitra bisnis, masyarakat sekitar, dan pemerintah setempat,” pungkasnya.

Diketahui Ambulans laut memiliki kapasitas 10 kursi penumpang dan 1 tempat tidur pasien Ambulans laut tersebut dapat enempuh waktu lebih cepat dari Kapal Ferry penyebrangan Kasipute-Kabaena dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas gratis ini, menghubungi Kepala Humas PT. TMS melalui nomor 0852-4666-0334.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here