Masyarakat Bombana Diberdayakan dalam Berbagai Bantuan

136

Dinsos Bombana Salurkan BLT BBM, PKH dan Kube

BOMBANA, KARYASULTRA.ID

Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana melalui Dinas Sosial Bombana menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM Bombana).

Tercatat ada 4.746 KPM dengan besaran anggaran RP 2.135.700.000 untuk Periode Oktober s/d Desember dengan total jumlah diterima sebesar Rp. 450.000/KPM Bombana yang menerima kompensasi atas kebijakan Pemerintah tentang pengalihan subsidi BBM atau kenaikan Bahan Bakar Minyak.

Launching Penyaluran BLT BBM, PKH, KUBE itu dilakukan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) eks MTQ, Pj Bupati Bombana Burhanuddin yang didampingi Istri tercinta Fatmawati Kasim Marewa menyerahkan secara simbolis kepada KPM.

Pj Bupati Bombana Burhanuddin dalam sambutanya mengatakan, dalam upaya pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 serta untuk mengurangi dampak ekonomi bagi masyarakat atas kebijakan pengalihan subsidi BBM Jenis Pertalite.

“Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial masih tetap konsisten menjaga daya beli dan membantu meringankan beban hidup masyarakat khususnya kelompok masyarakat berpenghasilan rendah melalui pemberian bantuan sosial secara bertahap,” kata Birhanuddin, Minggu (04/12/2022).

Burhanuddin juga berharap agar Peranan Pendamping Sosial dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan monitoring terhadap jalannya penyaluran Bantuan Sosial dapat dilaksanakan dengan baik serta bertanggung jawab.

“Pemerintah telah mengambil kebijakan BLT untuk membantu masyarakat bawah, masyarakat kena dampam kita pastikan BLT benar-benar sampai pada mereka yang berhak tanpa berkurang,” tegas Burhanuddin.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Anggota DPRD Bombana, Forkopimda Bombana, Para Pejabat Eselon 2 serta Penerima Bantuan Sosial dan peserta undangan lainnya.

Penyaluran bantuan sosial Kepada Penerima Manfaat (KPM) melalui PT. Pos Indonesia dalam bentuk BLT BBM Tahap 2

Bantuan Program Sembako untuk Bulan Oktober s/d Desember sebesar Rp. 600.000, dan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 4 dengan besaran sesuai komponen PKH yang terbayarkan.

Selain itu juga, akan disalurkan Bantuan Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebanyak 76 Kelompok yang melibatkan 509 KK miskin dengan Dana sebesar Rp. 1.420.000.000. Program ini adalah dalam rangka meningkatkan peluang kerja serta peluang usaha masyarakat terutama di pedesaan untuk mengembangkan pendapatan keluarga.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here