Mahasiswa Konkep Desak Bupati Copot Kadis Pariwisata

270
Massa aksi Asosiasi Pemuda Kreatif membakar ban bekas di halaman kantor bupati Konkep guna menuntut Bupati mencopot Kadis Parmudora.
Massa aksi Asosiasi Pemuda Kreatif membakar ban bekas di halaman kantor bupati Konkep guna menuntut Bupati mencopot Kadis Parmudora.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Puluhan mahasiswa yang tergabung di Asosiasi Pemuda Kreatif menggelar aksi demonstrasi menuntut Bupati Konawe Kepulauan mencopot jabatan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parmudora). Aksi itu berlangsung Senin pagi (23/8/2021) dengan pengawalan pihak Polsek Wawonii, Koramil dan Pol-PP.

Satu per satu mahasiswa bergantian menyuarakan tuntutannya. Mereka menilai jabatan yang diemban Kadis Pariwisata hanya dijadikan pajangan saja. Sebabnya Kadis tersebut tak mampu menerjemahkan apa yang menjadi visi-misi bupati yakni Wawonii Bangkit. Demonstran menilai, Kadis Pariwisata tidak peka terhadap keinginan pemuda dalam ikut serta memajukan potensi pariwisata. Hal ini terbukti saat Asosiasi Pemuda Kreatif Wawonii Barat menggelar dialog menyambut hari kemerdekaan namun tidak dihadiri pihak Parmudora.

“Kami pemuda sudah berbuat namun dipatahkan semangat kami karena tidak pekanya Kadis Parmudora dalam menyambut niat baik kami untuk turut serta membangun daerah ini. Kami sangat kecewa dengan pola kepemimpinan sang Kadis dalam hal ini Armin. Olehnya kami minta agar Kadis tak berjiwa pemimpin itu dicopot dari jabatannya karena kami nilai tidak majunya Pariwisata disebabkan kepemimpinannya yang tak tentu arah,” teriak Jendral Lapangan, Hendrawan.

Wabup Konkep, Andi Muh Lutfi saat menerima massa aksi.

Sementara Korlap, Zaydan Laris meminta dengan tegas agar bupati Konkep mengevaluasi seluruh Kadis yang tak mampu bekerja. “Kami nilai bukan hanya Kadis Pariwisata melainkan ada juga Kadis Perpustakaan dan Kadis tidak bermental pengabdi dan pekerja yang harus dilengser dari jabatannya. Kasian daerah ini yang sudah berumur delapan tahun tapi masih tak berdaya. Apa yang bisa kita banggakan kalau pola kerja mereka masih berfikir mengambil ketimbang memberi kontribusi besar. Kita ingin daerah ini berkembang sehingga memberikan kesejahteraan masyarakat,” teriaknya.

Usai berorasi secara bergiliran, massa diterima langsung Wakil Bupati Konkep di aula kantor bupati. Dihadapan demonstran, Andi Muh Lutfi mengapresiasi aksi demonstrasi para mahasiswa. Andi Lutfi mengatakan akan menindaklanjuti tuntutan tersebut kepada pak bupati untuk dilakukan evaluasi. “Pada prinsipnya langkah koreksi adik-adik sangat baik karena bertujuan untuk kemajuan daerah. Olehnya saya minta kepada adik-adik untuk terus mengoreksi secara konstruktif demi kemajuan daerah. Terima kasih sudah mengawal jalannya pembangunan,” tegasnya.

Puas mendengar jawaban Wabup, para demonstran membubarkan diri dengan tertib. Para demonstran akan kembali bertemu Wakil Bupati pekan depan untuk mengetahui hasil tuntutan mereka.

Laporan: Lisman
Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here