Langka dan Mahal, Pelajar dan Guru SMA Watim Produksi Minyak Goreng Natural

123

KONKEP, KARYASULTRA.ID – Setelah berbulan-bulan minyak goreng mengalami kelangkaan, kini minyak goreng sudah tersedia namun dengan harga selangit. Di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) harga minyak goreng di jual perliter Rp 35 ribu. Nilai tersebut dianggap sangat memberatkan. Namun harga mahal tersebut dapat ditanggulangi dengan membuat minyak kelapa natural. Pembuatan minyak kelapa alami sudah digalakkan para emak-emak di pulau Wawonii, dibantu juga dari Pemda setempat. Bahkan yang terbaru ini seluruh derajat sekolah SMA/SMK se-Konkep sudah memproduksi massal minyak goreng kelapa.

Harga minyak goreng kelapa alami berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu perliter. Instruksi membuat minyak kelapa dilakukan Pemerintah Provinsi Sultra kepada seluruh SMA/SMK agar memproduksi massal minyak kelapa. .

Wartawan media ini meliput kegiatan pembuatan minyak kelapa alami di SMA Negeri 1 Wawonii Timur Laut (Watim). Pembuatan minyak kelapa secara serentak di sekolah masing-masing dengan melakukan dua cara pembuatan yakni proses memasak langsung dan permentasi atau dalam bahasa Wawonii (Mompoko Mowiu).

Hal ini di katakan Alamsyah S.Pd salah satu guru di SMA Negeri 1 Wawonii Timur saat di wawancarai jurnalis media ini, di sela-sela kesibukannya bersama Guru-guru lainnya dan juga siswa-siswinya membuat minyak goreng kelapa alami.

“Proses pembuatan minyak yang kami lakukan ini, di lakukan dengan dua cara yaitu memasak langsung dan juga Permentasi atau Mompoko Mowiu, di dalam proses pembuatan yang kami lakukan kali ini, kami membuat enam tungku untuk memasaknya kemudian di bagi masing-masing tiga tungku masak langsung dan tiga tungku yang sudah di permentasi, Saya guru-guru lainnya dan seluruh Siswa-siswi Kami membagi kelompok jadi enam untuk masing-masing kelompok bertanggung jawab di tungku yang sudah di sediakan,” ujarnya.

Alamsyah juga mengungkapkan tujuan di lakukan kegiatan ini selain pembuatan minyak kelapa akibat langkahnya minyak goreng, ingin memperkenalkan atau mempublikasikan suatu kearipan lokal atau kebiasaan-kebiasaan orang-orang Tua dahulu hingga sekarang, Dan Sebuah contoh di masyarakat secara umum bahwa inilah tehnik atau cara pembuatan minyak kelapa yang ada di Pulau Wawonii.

“Selain itu tujuan dilibatkannya Siswa-Siswi kami agar mereka memahami bahwa seperti inilah cara orang tua kita dahulu sampai hari ini membuat minyak kelapa,” katanya.

Aksal Suherman Ketua Organisasi Siswa SMA Negeri 1 Wawonii Timur Kabupaten Konawe Kepulauan Konkep, Menuturkan adanya kegiatan pembuatan minyak goreng kelapa di sekolahnya sangat memotivasi dan menginspirasi dirinya.

“Alhamdulillah Patut kami Sukuri adanya kegiatan ini sangat-sangat menginsfirasi kami semua utamanya diri pribadi saya karena di dalam proses pembuatan minyak goreng terjalin kerja sama, yang tidak hanya mengajarkan cara pembuatan minyak goreng kelapa, untuk mematahkan keresahan masyarakat akibat langkanya minyak goreng, tetapi ada hikmah di balik kegiatan ini yang dapat kami petik yaitu mengajarkan kami betapa pentingnya persatuan dan gotong royong,” tuturnya

Aksal menambahkan harapan kepada semua teman-teman sekolahnya, melalui momentum kegiatan proses pembuatan minyak kelapa di SMA Negeri 1 Wawonii Timur ini dapat memperkokoh rasa persatuan dan gotong royong yang lebih baik lagi, baik di lingkup sekolah maupun di luar sekolah. Yang terpenting lagi adalah mampu menjawab kelangkaan minyak goreng.

Laporan: Lisman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here