Konkep Tuan Rumah Jumbara IV PMI tingkat Sultra

211

KONKEP, KARYASULTRA.ID – Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Ir H Amrullah MT menyambut baik kegiatan Kepalangmerahan di daerahnya. Hajatan tingkat Sultra dengan agenda Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) IV Palang Merah Remaja (PMR) tersebut digelar tanggal 18 sampai 22 Desember 2021 bertempat di lapangan TPI Langara.

“Pemda Konkep akan jadi tuan rumah yang baik dan siap sukseskan Jumbara. Kami minta pengurus PMI Konkep untuk bekerja mempersiapkan segala kebutuhan peserta dari berbagai daerah yang akan hadir di bumi Wawonii. Kita perkenalkan daerah belia ini memiliki banyak potensi alam yang indah. Terutama wisata pantai dan air terjunnya,” ujar Amrullah saat menerima kunjungan pengurus PMI Konkep.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Konkep, Imanudin menjelaskan agenda utama Jumbara sebagai wadah pembinaan generasi muda PMI yang terhimpun di PMR. Agenda Jumbara ini diharapkan akan memberikan dampak besar berupa peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan, dan Sikap (PKS) para peserta sehingga dapat menjadi remaja yang berkarakter kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami, dan berperilaku sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Dengan PKS yang telah dimiliki dan terus dikembangkan, mereka juga dapat berperan sebagai ‘peer educator’ atau pendidik sebaya, berbagi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kepada teman sebayanya, sehingga terjadi peningkatan ketrampilan hidup atau ”life skill” untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada remaja.

“Nah, melalui agenda Jumbara ini yang merupakan salah satu langkah dalam pembinaan dibidang pelatihan Tri Bakti PMR. Kita harapkan berdampak positif terhadap kemajuan daerah, kemudian generasi muda kita makin terarah dalam bersikap yang kelak kita harapkan jadi generasi emas Wawonii,” harapnya.

Sementara ketua Panitia Pelaksana Jumbara, Kalpin mengatakan, sejauh ini pihaknya telah siap menggelar kegiatan. Diharapkan semua kontingen PMI tiap kabupaten dapat hadir membawa rombongannya dengan skala besar. Sebab semua fasilitas telah disiapkan. Baik itu lokasi kemah Jumbara, homestay dan berbagai kebutuhan Jumbara. Agenda tingkat Sultra ini akan memberikan efek domino berupa perputaran ekonomi sektor UMKM, pariwisata serta ajang promosi daerah. Sebab kata Kalpin, Jumbara tersebut dikemas berbagai kegiatan seperti, pameran mini kesenian, lomba futsal, voli, bakti masyarakat, tari daerah dan berbagai kegiatan lainnya yang menghibur masyarakat.

“Tema dalam Jumbara ini yaitu Generasi Sehat, Berbudi dan Berbakti. Olehnya dalam Jumbara dapat meningkatan karakter kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai pendidik sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup. Menyamakan persepsi antara pengurus, staf, pembina PMR, pelatih PMI, dan anggota,” ujar Sekretaris PMI Konkep ini.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Konkep ini juga menambahkan, Jumbara memberikan edukasi berharga kepada generasi, baik berupa pemahaman seputar dunia kesehatan, penanganan bencana serta yang terpenting tentang kepemimpinan dan kekompakkan. “Kita harapkan Jumbara ini mampu menunjukkan keberadaan organisasi PMR sebagai wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI yang menjadi salah satu kekuatan dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan, bidang kesehatan dan siaga bencana serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI. Apalagi kita ketahui Konkep merupakan satu pulau yang masih perlu penanganan kita semua. Pada intinya kita ingin mengambil peran memberikan yang terbaik untuk daerah tercinta,” tutupnya.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here