Kesbangpol Konut Beri Sosialisasi Penguatan dan Peningkatan Indeks Demokrasi

28
Bupati Konut, Ruksamin saat sambutan pembukaan acara sosialisasi Penguatan dan Peningkatan Indeks Demokrasi.
Bupati Konut, Ruksamin saat sambutan pembukaan acara sosialisasi Penguatan dan Peningkatan Indeks Demokrasi.

KONUT, KARYASULTRA.ID-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe Utara (Konut) menggelar Sosialisasi Indeks Demokrasi Indonesia di aula Konasara, Selasa (8/Juni/2021).

Sosialisasi tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Badan Pusat Statistik Sultra dan Kepala Bidang Politik Kesbangpol Sultra sementara peserta dari partai politik Forkopimda, Kemenag dan Ormas.

Bupati Konut, Ruksamin dalam sambutanya mengatakan, pembangunan demokrasi dan politik merupakan hal yang penting dan terus diupayakan oleh Pemda Konut untuk mencapai kehidupan demokrasi yang sesuai harapan. Tentu ini bukan hal yang mudah, sebab perlu adanya sinergitas masing-masing stakeholder pemegang kebijakan baik pemerintah, Nawaslu, KPU, partai politik dan masyarakat itu sendiri.

“Kualitas demokrasi di Konut mari terus kita tingkatkan. Dan kegiatan ini benar-benar diikuti dengan baik untuk mendorong Indeks Demokrasi Indonesia yang lebih baik lagi,” paparnya.

Ditambahkannya patut diapresiasi Pemilu dan pilkada selalu menunjukan tren peningkatan yang sangat baik. Dimana pada pemilihan umum tahun 2014 partisipasi masyarakat sebesar 84.14 persen lalu meningkat pada tahun 2019 90.55 persen. Sementara begitu juga partisipasi pemilu kada tahun 2015 88.84 persen dan angka partisipasi terus meningkat pada pemilu kada tahun 2020 92.96 persen ini merupakan angka tertinggi yang melaksanakan pilkada tahun 2020 se-sultra.

“Capain kualitas demokrasi di konut ini patut kita apresiasi. Dan semua ini merupakan peran semua pemangku kebijakan mulai Forkopimda, Partai politik dan juga masyarakat kita di konut. Melalu kegiatan ini kita harapkan kepada peserta dapat menyebarluaskan informasi yang telah di peroleh kepada lingkungan sekitar kita,”Harap Ruksamin Ketua DPW PBB Provinsi Sultra.

Kepala Kesbangpol Konut mengatakan, dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan Indeks Demokrasi Indonesia di konut semakin baik.

“Dengan membaiknya Indeks Demokrasi Indonesia di konut maka akan mendukung Indeks Demokrasi Indonesia secara nasional,”ungkapnya

Kepala Bidang Politik Kesbangpol Sultra, Firudin mengapresiasi Kesbangpol Konut karena salah satunya daerah yang pertama malaksanakan penguatan kualitas demokrasi. “Kita apresiasi dan dukung kerja cepat Kesbangpol Konut yang sudah berhasil menggelar kegiatan ini,” katanya.

Laporan Sulham Tepamba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here