Keren! Ujian Akhir Semester di SMP 2 Wawonii Utara Berbasis Digital

204
Kepala sekolah SMP Negeri 2 Wawonii Utara, Ahmad Jufri S.Pd saat memantau jalannya ujian semester akhir di hari pertama ujian.
Kepala sekolah SMP Negeri 2 Wawonii Utara, Ahmad Jufri S.Pd saat memantau jalannya ujian semester akhir di hari pertama ujian.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Siapa yang tidak bisa menyesuaikan dengan zaman maka dipastikan akan tertinggal atau tergilas. Era digital telah merubah segalanya lebih simpel. Begitupun dengan cara pembelajaran. Di SMP Negeri 2 Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) perlahan mewujudkan cara belajar berbasis digital dan juga ujian akhir semester berbasis digital atau komputer.

Untuk ulangan umum atau ujian akhir semester genap tahun ajaran 2020-2021 telah digelar mulai Senin (14/Juni/2021) dengan berbasis komputer secara offline. Pihak sekolah menyiapkan 18 unit komputer, 20 laptop dan 37 smartphone. “Alhamdulillah ujian ini berjalan lancar tanpa kendala. Kami juga sudah melakukan uji coba sehari sebelum ujian dilaksanakan,” kata kepala sekolah SMP Negeri 2 Wawonii Utara, Ahmad Jufri S.Pd saat ditemui di sela-sela pelaksanaan ujian.

Nampak siswa-siswi saat fokus mengerjakan soal-soal ujian berbasis digital.

Ahmad bilang, ujian semester ini telah mentransformasi dari manual ke digitalisasi. Ujian ini sangat baik dan memudahkan para siswa menjawab soal tanpa harus terpengaruh contekan. Ujian ini dinilai baik karena dilakukan secara jujur oleh siswa-siswi. Begitupun dengan para guru tidak direpotkan lagi melakukan penilaian hasil ujian karena semua jawaban sudah ada di server.

Ujian ini juga dipandu salah satu guru teknis dibidang IT yakni Ansharullah S.Pd Gr M.Pd.

“Ujian semester akhir bagi kelas 7 dan 8 berbasis digital offline sebagai rujukan terhadap siswa-siswi kami agar mereka memahami cara-cara ujian online seperti ini bentuknya, yang selama ini murid-murid kami ketika ujian semester selalu dengan cara lama yaitu manual, dan hal ini kami inginkan anak-anak didik kami selalu melakukan hal yang baru untuk di SMP Negeri 2 Wawonii Utara ini agar lebih maju dan keren,” Ungkapnya.

Ahmad Jufri menambahkan sebagai bentuk tanggung jawab, kepedulian, dan perhatiannya beserta guru-guru terhadap peserta didiknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menggenjot pendidikan siswa-siswinya utamanya tekhnologi digital.

“Saya selaku kepala sekolah dan guru-guru lainnya akan selalu senantiasa melakukan yang terbaik untuk siswa-siswi kami, agar mereka tetap mengenyam pendidikan semaksimal mungkin utamanya era digital ini, supaya kedepannya disaat mereka dihadapkan dengan ujian Asesmen secara online itu mereka tidak gaptek lagi”

Muh. Akbar salah satu peserta yang mengikuti ujian akhir semester secara offline mengungkapkan rasa syukurnya dalam mengikuti ujian yang sudah 2 kali dilakukan, yakni di semester pertama dan akhir.

Umihani orang tua murid menilai kegiatan ujian secara offline ini “sangatlah bermanfaat untuk tumbuh kembangnya pendidikan anak-anak kami utamanya pendidikan yang berbasis komputer, yang tadinya penilaian itu dilakukan oleh guru sekarang selesai mereka kerjakan soal, langsung di lihat nilai yang mereka capai,” katanya.

Laporan: Lisman
Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here