Kepala Sekolah di Konut Diminta Hidupkan Literasi

61
Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe Utara melaksanakan Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Kegiatan pencanangan ini dilakuan di aula SMP Negeri 1 Losolo.

KONUT, KARYASULTRA.ID-Generasi Konawe Utara hanya bisa berkembang dan maju jika generasinya melek buku atau memiliki daya baca yang baik. Tidak hanya minat baca saja tapi daya bacanya mesti terus tumbuh dan mengakar. Kecintaan terhadap budaya membaca harus di gelorakan sedini mungkin agar generasi memiliki pengetahuan yang mempuni.

Hal ini dimulai dari dorongan para guru serta pucuk pimpinan di sekolah yakni kepala sekolah (Kasek) SD, SMP dan juga tingkat SMA. Begitupun juga kepada orang tua harus menekankan kepada anaknya untuk menjadikan budaya membaca sebagai jendela dunia.

Saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe Utara mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Kegiatan pencanangan ini dilakuan di Aula SMP Negeri 1 Losolo, Sabtu 9/1/2021.

Kepala Dinas Pendidikan Konawe Utara Lapeha menguraikan, pengembangan serta sosialisasi literasi bisa dilakukan secara formal dan non formal untuk mewujudkan gerakan Indonesia membaca. Pandemi Covid-19 telah membuat pembelajaran dari rumah, hal ini membuat generasi mesti banyak membaca buku-buku secara mandiri.

“Melalui program gerakan membaca ini di titik beratkan kepada guru SD sebagai ujung tombak untuk mendidik anak-anak untuk belajar membaca. Kita berharap anak didik kita masuk SMP semua sudah memiliki minat baca yang lebih tinggi makanya guru SD di sini harus lebih bekerja keras untuk mendidik anak didiknya,” ujarnya.

Lanjut Lapeha melalui gerakan indonesia membaca di harapkan semua kepala sekolah SD dan SMP agar mengunakan fasilitas yang ada di sekolah-sekolah terutama perpustakaan sekolah itu harus di hidupkan agar anak-anak sekolah membudayakan minat baca, jangan lagi ada perpustakaan yang tidak di hidupkan. Jangan hanya sekedar pajangan buku-buku tersebut.

Diharapkan prigram GIM ini dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kepada anak-anak didik dan termaksud warga melalui penggiatan budaya membaca buku. Perilaku membaca mesti ditularkan juga kepada warga dan keluarga di sekeliling.

“Dengan melaui membaca semua apa yang kita akan lakukan akan mudah kita jalani. Tidak ada ilmuan yang hebat tanpa melalui membaca.maka dengan itu kita harapkan melalui kegiatan gerakan membaca kedepan di konawe utara semakin baik dan juga semakin banyak sarjana-sarajana yang hebat menuju konut lebih maju dan berdaya saing,” tutupnya.

Laporan: Sulham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here