Karnaval Hardiknas dan Semangat Pelajar Lawan Cuaca tak Bersahabat

123

KONKEP, KARYASULTRA.ID

Meski sempat di guyur hujan sejak malam hingga pagi. Ratusan peserta tidak menyurutkan semangat untuk memeriahkan upacara pembukaan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang di gelar di lapangan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Langara, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Sabtu, (29/04/2023).

Upacara pembukaan pagi hari yang disertai dengan rintik hujan, langit yang mulai cerah mengiringi jalannya detik-detik upacara pembukaan kegiatan Karnaval. Meski demikian, semangat peserta karnaval makin bergelora memeriahkan kegiatan. Seperti diketahui Hardiknas tersebut menggelar Lomba mewarnai tingkat PAUD putra dan putri, Bola gotong tingkat Sekolah Dasar putri, Futsal tingkat SD dan SMP putra, Badminton SD dan SMP putra putri, Baca puisi dan Lomba bercerita tingkat SD dan SMP putra putri, Seminar pendidikan Kepala sekolah dan guru, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 Selasa mendatang.

Mengawali kegiatan upacara pembukaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konkep, Armin S.Pd yang juga sekaligus Ketua Panitia kegiatan peringatan Hardiknas melaporkan pelaksanaan kegiatan, “Dasar pelaksanaan Undang-undang (UU) nomor 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2023 pada Sub. Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa serta seminar Pendidikan karakter”.

“Tujuan kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar silaturahmi antara guru serta peserta didik tetap terbangun khususnya di Kabupaten Konawe Kepulauan, dan meningkatkan minat, bakat dan kreativitas peserta didik dalam bidang olahraga dan seni, serta meningkatkan kompetensi bagi tenaga pendidik menuju guru profesional, berkarakter dan berdaya saing,” papar Armin.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 29 April sampai dengan 1 mei 2023, dengan pelaksanaan kegiatan di lapangan TPI Langara, Rujab Bupati, Aula SMPN 1 dan SMPN 2 Wawonii Barat, dengan peserta kegiatan Siswa-siswi dan Guru Tingkat PAUD, SD dan SMP Se-Kabupaten Konawe Kepulauan. Puncaknya yaitu tanggal 2 Mey akan digelar upacara,” terangnya.

Dalam upacara pembukaan tersebut turut hadir Sekertaris Daerah Konkep Ir. H. Cecep Trisnajayadi MM, Wakapolsek Wawonii, Kasat Pol PP, Ketua PGRI Konkep, dan Camat Wawonii Tengah, serta Sekdis, Kabid dan Kasi Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konkep

Sambutan Bupati Konawe Kepulauan Ir. H. Amrullah MT, melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Konkep Ir. H. Cecep Trisnajayadi MM, yang mewakili sekaligus membuka kegiatan Olahraga dan Seni peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023,

Sekda Konkep yang bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan kegiatan tersebut, menyampaikan. Atas nama pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh satuan pendidikan se-kabupaten Konkep yang telah mempersiapkan para atlet, pelatih, official, manager dan seluruh kontingen untuk berpartisipasi mengikuti Iven olahraga dan seni

“Saya sangat merasa bangga meski saat ini tidak berada di tengah-tengah kegiatan pembukaan bersama duta-duta olahragawan-olahragawati dan seniman muda serta atlet-atlet yang nantinya dapat berprestasi di tingkat selanjutnya, mengharumkan nama kabupaten Konawe Kepulauan pulau Wawonii yang sama-sama kita cintai ini,” katanya.

Semoga momentum ini, sambung Cecep Trisnajayadi, kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional dapat dijadikan perbaikan, penyempurnaan dan evaluasi yang kelak mengangkat prestasi juga pembinaan olahraga dan seni di Kabupaten Konawe Kepulauan.

Lanjut Sekda Konkep, jika semua pemangku kepentingan sudah bersatu dan bekerja sama maka ini merupakan modal utama dalam pencapaian suatu tujuan, semua stakeholder perlu bersama-sama saling bahu membahu dan bersinergi untuk mendorong tercapainya sumber daya manusia yang unggul menuju Wawonii Bangkit, Berkembang Kompetitif dan Tangguh dalam Bingkai Lingkaran Hati Emas.

Di akhir sambutan Bupati berpesan agar pelajar, pelatih, guru-guru, khususnya para orang tua, agar selalu waspada dengan kegiatan-kegiatan yang dapat merusak generasi Wawonii kelak.

“Mari kita jauhkan anak-anak kita dari bahaya Narkoba dan pengaruh pergaulan bebas serta pengaruh buruk dari perkembangan teknologi, kita semua bertanggung jawab khususnya orang tua dan guru, agar selalu mengawasi perilaku dan pergaulan anak-anak kita agar tidak terjerumus hal-hal yang negatif, yang dapat merusak generasi Wawonii Cerdas, untuk itu junjung sportivitas olahraga dan seni tanpa Narkoba, (Pelajar Hebat Pelajar Tanpa Narkoba),” tutup Jendral ASN Konkep sembari membuka kegiatan Hardiknas 2023.

Laporan: Lisman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here