Kapal Penumpang Valentine Rute Kendari-Wawonii Patah Kemudi

568
Pihak KPLP saat melakukan evakuasi kapal Valentine Bahari ke pelabuhan Kendari

KENDARI, KARYASULTRA.ID-Kapal penumpang jenis Viber yang diberi nama Valentine Bahari GT 89 mengalami patah kemudi setelah bertolak dari pelabuhan Kendari menuju Wawonii. Insiden tersebut terjadi setelah berlayar 5 menit dari pelabuhan. Hal ini terjadi saat hendak meninggalkan muara teluk Kendari.

Anak Buah Kapal (ABK) berusaha menyelam ke bawah kapal untuk memperbaiki namun tidak berhasil. Merasa tidak bisa melanjutkan perjalanan, pihak kapal akhirnya menelfon bantuan ke KPLP untuk melakukan pertolongan. Kapal tersebut akhirnya di evakuasi menuju pelabuhan Kendari.

Ratusan penumpang terpaksa harus bersabar menunggu pihak ABK memperbaiki insiden tersebut. Pihak kapal meminta agar penumpang bersabar selama perbaikan. Setelah dilakukan perbaikan selama satu jam, akhirnya kemudi tersebut dapat diperbaiki hingga akhirnya kapal dapat berlayar kembali pada pukul 10:40 Wita.

Nampak ABK Kapal saat melakukan upaya perbaikan, dan proses evakuasi

“Kita baru berlayar 5 menit, kita baru saja mau tinggalkan muara teluk Kendari tapi tiba-tiba Kapten kapal atas nama Roni berhentikan kapal. Setelah di cek ternyata patah kemudinya. Tapi kami bersabar menunggu di atas kapal sambil pihak ABK melakukan perbaikan selama satu jam lebih. Akhirnya kita berangkat juga jam 10:40 Wita,” ujar Wahid (45), penumpang kapal Valentine, Kamis (28/1/2021).

Laporan: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here