Kanwil BPN Sultra Serahkan 62 Sertifikat Tanah Aset Pemda Bombana

27

KARYASULTRA.ID, BOMBANA- Kementrian Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sultra menyerahkan sertifikat lahan milik daerah Kabupaten Bombana, penyerahan tersebut dilakukan di gedung Kantor Bupati Bombana, Kamis (12/05/2022).

Enam Puluh Dua bidang tanah yang menjadi bagian dari aset pemerintah Kabupaten Bombana yang telah mendapat sertifikat. Alas hak atas tanah tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sultra, Andi Renald.

Kakanwil BPN Sultra Andi Renald mengatakan, 62 sertifikat tanah aset Pemda Bombana yang diserahkan terdiri dari beberapa sarana pemerintah.

“Prinsipnya, kita sertifikatkan aset tanah milik Pemda dalam kondisi tidak bermasalah, tidak tumpang tindih, bukan kawasan hutan,” kata dia.

Lebih lanjut Andi Renald menuturkan, penyerahan sertifikat atas tanah sebagai aset Pemkab Bombana oleh BPN Sultra adalah bagian dari sinergitas Pemkab Bombana dan Kanwil BPN Sultra.

“Kali ini kami baru menyerahkan 62 sertifikat tanah kepada Pemkab Bombana sebagai dasar kepemilikan aset daerah,” sambungnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bombana Man Arfa dalam sambutanya mengatakan, serah terima alas hak tanah aset Pemda Bombana tentunya akan meningkatkan presentase sertifikat tanah pemerintah Bombana.

Diketahui, total jumlah aset tanah yang tercatat dalam neraca aset daerah, sebanyak 75 persen berasal dari aset tanah yang diperoleh dari wilayah pemekaran. ” Sehingga target kami untuk penyelesaian aset tersebut terus kami upayakan baik dalam hal penganggaran maupun penyelesaian dokumen kepemilikan,”Kata Man Arfa.

Hingga akhir tahun 2021 jumlah bidang tanah yang tercatat dalam neraca aset Pemda Bombana sebanyak 707 bidang yang telah bersertifikat. Sementara yang masih proses pengusulan sebanyak 135 bidang tanah, dengan total yang telah diusulkan dan dalam proses sertifikat 271 dan masih tersisa 301 bidang tanah yang sama sekali belum diusulkan untuk pensertifikatan.

Adapun rincian peruntukan seluruh aset tanah Pemda Bombana Adalah sebagai berikut:
Sarana perkantoran, parawisata dan fasilitas umum lainya. Saran Pendidikan, sarana, Kesehatan, sarana Ibadah, sarana perdagangan, sarana olahraga.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here