Kadin Sultra Turut Promosi Budaya di Amerika Serikat

54

KARYASULTRA.ID-KJRI Los Angeles menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lotus Festival ke 42 di tahun 2023. Berkolaborasi dengan Kota Los Angeles dan organisasi Lotus Festival, acara ini digelar dalam rangka promosi budaya dan citra Indonesia.

Konsul Feddy Djafar, yang mewakili Konsul Jenderal RI, mengatakan bahwa kesempatan ini menjadi momentum KJRI Los Angeles untuk terus mempromosikan potensi pariwisata dan keindahan alam Indonesia, dengan mengangkat tema “Celebrating the Wonderful of Indonesia”.

“Melalui Lotus Festival akan diperkenalkan lebih dekat potensi pariwisata dan keragaman budaya yang dimiliki Indonesia, serta berbagai potensi yang dimiliki Indonesia,” ujar Feddy.

Dalam festival ini, Indonesia menampilkan pertunjukan seni budaya otentik khas Tanah Air, dengan mengundang Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai salah satu penampil utama. Para penari terbaik Sulawesi Tenggara dengan begitu lincah mengundang kekaguman para penonton yang memadati panggung utama Lotus Festival 2023.

Sambil duduk lesehan, para penonton semakin kagum dengan tarian Balumpo yang ditampilkan empat penari cantik asal Sulawesi Tenggara. Delegasi tari Sulawesi Tenggara tak hanya menampilkan seni tari, seperti Tari Wetina, Tari Balumpo, dan Tari Lulo saja. Mereka juga menampilkan beragam busana khas Sulawesi Tenggara, yang dikemas dalam fashion show.

“Luar biasa, bangga sekali saya memiliki darah dan ikatan batin dengan Indonesia,” ujar Clarisa, salah satu penonton yang tampak antusias saat pertunjukan berlangsung.

Seolah tak mau ketinggalan memeriahkan acara, komunitas masyarakat Indonesia yang berada di Los Angeles juga menampilkan pertunjukan budaya, seperti Tari Merak dari Bali, kesenian musik angklung, hingga Tari Tanggai asal Palembang.

Sementara itu, Lotus Festival merupakan pagelaran tahunan menjelang musim panas dan dimulai sejak tahun 1972, yang bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan pemahaman tentang kontribusi orang-orang Asia dan Kepulauan Pasifik kepada komunitas lokal dan sekitarnya.

Dalam upaya membangun citra tersebut di kalangan masyarakat dan komunitas Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya, Lotus Festival mengundang dan memberikan penghargaan kepada enam Warga Negara Indonesia dan Diaspora yang selama ini berperan penting dalam berbagai kegiatan KJRI Los Angeles. Keenam orang tersebut adalah Julia Gouw, David Mulyatno, Herlina Habib, Juliana Wijaya, Tyler Begynho dan Tony Soesanto.

Di samping pertunjukan seni budaya, terdapat juga Paviliun Indonesia yang mempromosikan berbagai macam produk asli Indonesia melalui ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) Los Angeles, produk UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Kamar Dagang Industri Sulawesi Tenggara, sekaligus menjadi ajang informasi budaya, sosial dan berbagai produk strategis lainnya.

Kadin Perkenalkan Budaya dan Investasi Sultra di Lotus Festival Amerika Serikat

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) turut ambil bagian dalam acara The 42 Lotus Festival yang digelar di Eco Park Los Angeles, California Amerika Serikat 15 – 17 Juli 2023.

The 42 Lotus Festival dihadiri langsung General Manager City of Los Angeles Departement of Recreation and Park Jimmy Kim, Anggota DPR RI Ir. Hugua, Ketua Kadin Sultra Anton Timbang, dan beberapa peserta festival dari berbagai negara seperti Bangladesh, Cina, Hawaii, India, dan Korea.

Pada event internasional itu, Kadin Sultra dibawah komando Anton Timbang membawa misi Budaya dan Investasi untuk diperkenalkan kepada khalayak.

Pada sisi budaya, Kadin Sultra memperkenalkan beberapa tari tradisional yang diperagakan langsung oleh Sanggar Tari Wetina SMP Negeri 1 Kendari. Pelajar dari Kota Kendari berkesempatan membawakan Tari Wetina, Tari Balumpa, Tari Lariangi dan Tari Lulo.

Selain Tari, Kadin juga memperkenalkan beragam kekayaan budaya lainnya seperti menggelar fashion show tenunan Muna, fashion show baju Adat Buton dan Wakatobi, pameran wastra, pameran kerajinan perak, handy craf, Bari Ndolaki (Batik Tolaki) dan memperkenalkan produk UMKM lainnya.

Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang menjelaskan, keikutsertaan Kadin dalam
acara The 42 Lotus Festival merupakan bentuk pendampingan Kadin terhadap Pemprov Sultra yang di undang langsung oleh Konsulat Jenderal RI di Los Angeles Amerika Serikat.

“Keikutsertaan Kadin Sultra dalam The 42 Lotus Festival merupakan bentuk kepedulian dan perhatian besar Kadin terhadap upaya membangun UMKM dan Promosi Budaya Sultra sehingga bisa naik kelas ke taraf Internasional,” kata Anton Timbang.

Anton Timbang menambahkan, keikutsertaan Kadin Sultra dalam festival internasional ini merupakan bentuk tanggungjawab pihaknya dalam rangka memajukan seluruh sektor usaha yang ada di Sultra.

“Sebagai Ketua Kadin Sultra saya punya tanggungjawab untuk memberi perhatian yang besar untuk kemajuan seluruh sektor usaha yang ada di Sultra. Potensi Sultra bukan hanya sumber daya alam saja namun sektor budaya, pariwisata bisa turut berperan untuk memajukan perekonomian masyarakat sultra. Saya yakin kita akan lebih maju dan cepat berkembang,” kata Anton Timbang.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPR RI Dapil Sultra Ir Hugua mengapresiasi keikutsertaan Kadin Sultra dalam The 42 Lotus Festival. Menurutnya, upaya Kadin Sultra dalam memperkenalkan budaya dan investasi Sultra patut mendapatkan apresiasi dan bisa menjadi contoh bagi stakeholder lainnya dalam upaya mendorong budaya dan investasi Sultra Go Internasional.

“Saya sangat terharu dan bangga serta Kagum pada sosok Bapak Anton Timbang. ditengah kesibukannya beliau masih bisa menyempatkan waktu untuk memberi perhatian terhadap pengembangan budaya dan investasi di Sultra,” kata Hugua.

Sekedar informasi, dalam The 42 Lotus Festival Kadin Sultra juga membawa contoh nikel antara lain Nickel Ore, Ferro Nickel, Nickel MHP dan jenis lainnya. Contoh Nikel diperkenalkan kepada pengunjung sebagai daya tarik invetasi.

Perlu diketahui pula, Diakhir acara rombongan Sultra mengajak seluruh pengunjung Lotus Festival untuk Lulo bersama serta ditutup dengan penyerahan cinderamata plakat Kadin dari Anton Timbang kepada kepada Jimmy Kim selaku General Menager City of Los Angeles Department of Recreation and Park yang disaksikan peserta pameran dari benerapa negara seperti Bangladesh, Cina, Hawaii, India, dan Korea. Rilis Kadin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here