Jembatan Hanyut, RSUD dan Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

221
Jembatan Kali Lamoluo Hanyut diterjang Banjir. Akibatnya Akses penghubung tiga Kecamatan terputus.

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Musibah banjir datang secara tiba-tiba saat warga Konawe Kepulauan (Konkep) tertidur lelap. Hujan deras tengah malam hingga pagi tadi, Senin (24/2/2020) berakibat fatal terhadap puluhan rumah warga yang terendam banjir dan juga menghanyutkan jembatan besi di kali Lamoluo Desa Bukit Permai Kecamatan Wawonii Barat.

Selain itu juga, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konkep tak luput dari korban banjir. Di rumah sakit tersebut, para tenaga medis bukan hanya disibukkan mengurus pasien tapi harus berjibaku dengan rendaman air. Para medis tersebut beserta staf terlihat mengamankan alat-alat kesehatan serta fasilitas lainnya. Sementara petugas lainnya terus memantau dan memberi pelayanan kesehatan kepada 5 orang pasien yang sedang di rawat inap.

Seluruh ruangan RSUD Konkep terendam banjir, mulai ruang perawatan, UGD, poli dan beberapa ruangan ikut terendam.

Pantauan Jurnalis media ini di beberapa lokasi banjir di rumah-rumah warga sudah mulai surut airnya sekira pukul 10:30 Wita. Warga masih sibuk menguras dan membersihkan rumahnya. Untuk jembatan kali Lamoluo sendiri sudah tidak bisa diakses karena jembatan hanyut sekira 10 meter dari tempatnya.

Pihak kepolisian setempat nampak memantau kondisi banjir yang mendera warga. Banjir ini merendam puluhan rumah yang berada di Desa Lamoluo, Mata Langara, Lamoluo dan beberapa desa lainnya yang ada di ibukota Langara.

Laporan beberapa warga melalui akun media sosial, Kali besar di Lansilowo juga meluap ke badan jalan hingga menyebabkan arus lalu lintas tak bisa dilewati.

Nampak rumah warga Desa Lantula Kecamatan Wawonii Barat terendam banjir. Beberapa desa di ibukota Langara seperti Lamoluo, Mata Langara, Langara Iwawo dan beberapa desa jadi korban hujan deras yang berakibat terjadinya banjir.

Pihak pemerintah setempat telah melakukan pemantauan dan juga bakal mendata rumah warga yang terendam banjir. Sampai saat ini belum ada rincian berapa kerugian yang dialami warga yang mengalami banjir.

Penulis: Kalvin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here