Jelang Lebaran, Feri Semumu Gantikan Bahteramas

862
Kapal feri Bahteramas

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Mendekati lebaran idul fitri, Masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan harus bersabar. Pasalnya kapal feri Bahteramas yang sehari-hari melayani rute penyebrangan Langara-Kendari bakal digantikan posisinya oleh kapal feri Semumu.

Supervisor lintasan Kendari-Langara PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Baubau Kantor Perwakilan Kendari, Misbah mengatakan, membaca perkembangan¬† penumpang baik orang dan barang dari tahun ke tahun di Konawe Kepulauan belum begitu meningkat. Sementara di penyebrangan Tampo-Torobulu sangat padat. “Penyebrangan Tampo-Torobulu melayani banyak kabupaten. Sebut saja wilayah daratan Muna dan kabupaten lainnya,” katanya saat ditemui di pelabuhan Kendari, Minggu (18/5/2019).

Misbah menambahkan, rencananya H-7 kapal feri Semumu akan mulai menggantikan Bahteramas. Diakuinya, kapal feri Semumu berlayar dari Kendari-Langara memakan waktu empat jam. Sementara kapal feri Bahteramas selama ini hanya berlayar 3 jam mengarungi lautan Wawonii.

Jika nanti arus mudik lebaran terjadi peningkatan penumpang  baik orang dan kendaraan maka kapal feri Semumu tetap beroperasi di luar jadwal hingga semua terlayani.  Perlu juga dipahami, penyebrangan Kendari-Langara belum begitu padat kendaraan yang menyebrang. Sementara di Tampo-Torobulu tiap tahun hampir tidak bisa terlayani. Padahal di penyebrangan ini ada tiga kapal feri yang mondar-mandir melayani.

Menanggapi rencana pergantian kapal feri, salah satu penumpang merasa kecewa dengan pihak manajemen PT ASDP. “Jangan anak tirikan daerah kami. Konkep ini dari tahun ke tahun juga terjadi peningkatan penumpang. Hari-hari biasa saja terjadi kepadatan penumpang. Apalagi mendekati lebaran,” kesal Lukman.

 

Redaksi: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here