Jangan Salah Kelola Dana Bos di Bombana

356
Suasana pelantikan di aula kantor Bupati Bombana selasa 25/1.
Suasana pelantikan di aula kantor Bupati Bombana selasa 25/1.

BOMBANA, KARYASULTRA.ID – Aula kantor Bupati Bombana mendadak ramai Selasa (25/1). Puluhan kepala sekolah nampak menebar senyum bahagia saat memasuki ruangan. Pagi itu ternyata ada proses pelantikkan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan Jendral Aparatur Sipil Negara (ASN) Bombana, Man Arfa.

Mewakili Bupati Bombana, Tafdil. Man Arfa melantik puluhan Kasek SD dan SMP. Saat sambutan, Man Arfa meminta para kepala sekolah untuk menjadi pemimpin yang amanah. Tugas kepala sekolah sangat mulia, sebab sebagai tugas tambahan juga sebagai guru penggerak perubahan. Sumpah jabatan yang diemban mengandung pertanggung jawaban besar. Maka bekerja dengan ikhlas dan penuh pengabdian.

“Hari ini kalian resmi menduduki jabatan kepala sekolah ini adalah momentum pengabdian terhadap Negara, tugas kepala sekolah tidak hanya memanajemen, tetapi inti dari tanggung jawab kita adalah bagaimana mencerdaskan generasi-generasi kita di Kabupaten Bombana,” kata Man Arfa.

Lebih lanjut Man Arfa mengungkapkan bahwa jabatan Kepala sekolah itu hanyalah tugas tambahan untuk mencapai tujuan dalam mengemban amanah.

“Kita inginkan agar semua yang di lantik ini dapat mengemban dan bekerja secara totalitas agar ada progres pada Sumber Daya Manusia kita,” ungkap Jendral ASN lingkup Pemda Bombana itu.

Ditambahkannya, tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah setidaknya sudah dapat di mengerti kata Man Arfa, sebab semua yang dilantik menduduki jabatan kepala sekolah hari ini tingkat jenjangnya berawal dari seorang tenaga pendidik (guru)

“Pelantikan ini adalah bukti upaya penyegaran pada roda pemerintahan pada bidang pendidikan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM Bombana) saat ini 6,8 persen kita ingin naik sampai angka Delapan,” tegas sang Jendral.

Meski demikian man Arfa mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah yang baru saja di lantik agar dapat menjaga dengan baik jabatan yang di berikan itu.

“Di sekolah ada namanya dana bantuan Operasional Sekolah (BOS). Saya harap jangan salah kelola. Jika dana BOS itu digunakan untuk kepentingan sekolah Maka yakin dan percaya bahwa sekolah itu akan bagus dan berkembang
Tetapi jika dana Bos itu sendiri dipakai dengan kepentingan lain maka rusaklah sekolah tersebut, saya tegas mengingatkan itu agar tidak ada lagi seperti kasus kasus kemarin,” sambungnya.

Sebelum menutup sambutanya, Man Arfa berpesan kepada kepala sekolah agar dapat membantu penyelenggaraan vaksinasi pada peserta didik.

“Kita target pada bulan maret capai 70 persen vaksinasi pada peserta didik kita capaian tersebut tergantung bagaimana kita ( kepala sekolah) memberikan edukasi kepada para orang tua para siswa akan pentingnya vaksinasi dimas pandemi saat ini,” tutup Sang Jendral ASN Bombana. Man Arfa.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud Bombana) Andi Andi Arsyad, S.Sos., M.Si Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana Darwin SE Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bombana Sofyan Baco ST., M.PW
Kepala Dinas DP3A Dra. Hj. Sitti Sapiah serta beberapa Kepala OPD lainya.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here