Jalan-jalan ke Pulau Wawonii dan Nikmati Daftar Wisata ini

709

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Bosan! Ah jangan bosan. Ayoo nikmati daftar wisata di Pulau Wawonii. Di pulau berbentuk hati ini, anda dapat eksplor beragam unggulan destinasi wisata yang tak kalah indah dengan wisata lainnya yang ada di daerah Sulawesi Tenggara. Berkunjung ke pulau Wawonii tak perlu mengeluarkan biaya besar. Akses dari Kendari menuju pulau ini hanya memerlukan sewa kapal Rp 35 ribu. Diperjalanan selama tiga jam di atas kapal feri maupun kapal rakyat anda akan menikmatinya. Dijamin seru gaes.

Setibanya anda di Wawonii, anda akan bertemu warganya yang ramah-ramah dan penuh kekeluargaan. Nah, di pulau ini, anda bisa menikmati beragam wisata.

Wisata pertama adalah Pantai Kampa. Pantai ini menawarkan keindahan pasirnya dan jernihnya air laut serta indahnya bermain ombak. Di pantai ini sudah tersedia gazebo yang dibangun pemerintah setempat. Perlahan pemerintah kabupaten Konawe Kepulauan mulai menaruh perhatian khusus guna memajukan wisata pantai unggulan ini. Di lokasi pantai ini juga anda akan menikmati segarnya buah kelapa muda.

Pantai Kampa, keindahan pasir dan gulungan ombak

Akses menuju pantai ini juga sudah begitu gampang dilalui. Anda bisa menggunakan sepeda motor dan mobil. Bahkan jika ingin bersantai sambil berolahraga, anda bisa gowes sepeda kesayangan menuju pantai ini. Paling tiga puluh menit sudah tiba di pantai nan memukau hati ini. Pantai ini selalu ramai di akhir pekan. Nah, khusus libur idul Fitri ini sudah tiga hari berturut-turut selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Nah, destinasi selanjutnya adalah air terjun Tumburano. Jaraknya dari ibukota Langara menuju air terjun cukup jauh. Tapi aksesnya sudah gampang dilalui. Anda hanya butuh bersabar sekira satu jam lebih sedikit untuk tiba di air terjun ini. Anda akan tiba lebih cepat jika gass pool hehehe. Lokasi air terjun ini terletak di Desa Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara. Dalam perjalanan, anda akan disuguhkan jejeran tanaman kelapa yang baris-berbaris seperti mau upacara hahahaha. Lihat kiri, lihat kanan terdapat kebun-kebun warga nan hijau.

Nampak anak tangga Air Terjun Tumburano
Nampak ratusan warga padati air terjun Tumburano

Setibanya di air terjun ini, anda akan melihat daya tariknya. Air terjun ini mempunyai 3 tingkatan, tingkat ke satu sekira 10 meter, tingkat ke dua 15 meter, tingkat ke tiga ini yang tinggi sekira 70 meter. Airnya bukan aliran sungai tapi mata air yang keluar dari salah satu bukit di atas lokasi air terjun. Dentuman airnya jatuh makin menambah gairah untuk segera bermain air. Hemmm rasanya ingin berlama-lama dan tak ingin jauh-jauh dari air terjun ini.

Destinasi wisata selanjutnya adalah Air Terjun Latambaga dan masih banyak lagi lokasi air terjun yang bisa dikunjungi. Khusus lokasi air terjun Latambaga ini yang terletak di Wawonii Tengah cukup menguras energi untuk sampai di titiknya. Tapi gaes, apapun rintangannya akan terbayarkan.

Air Terjun Latambaga

Sebenarnya masih banyak lagi titik wisata yang menarik untuk di eksplor. Hanya saja masih memerlukan perhatian khusus pemerintah untuk membuka aksesnya. Misalnya, situs sejarah benteng Watuntinapi serta spot-spot wisata lainnya. Di pulau ini juga dikenal kaya akan tanaman pelindung pantai berupa Bakau. Lokasi bakau ini juga menarik di poles sebagai wisata Bakau.

Semoga saja beberapa wisata unggulan ini bisa dikembangkan dan makin maju pesat biar kelak bisa menjadi sumber rezeki warganya. Sebab, wisata adalah penyumbang terbesar ekonomi bangsa ini.

Penulis: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here