Imanudin Fasilitasi Diklatsar PMI Konkep

256
Ketua PMI Konkep, Imanudin S.Pd saat menyematkan tanda peserta Diklatsar
Ketua PMI Konkep, Imanudin S.Pd saat menyematkan tanda peserta Diklatsar

KONKEP, KARYASULTRA.ID – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terbentuk 13 Oktober 2021 berdasarkan surat keputusan yang ditanda-tangani Ketua PMI Sultra, H Abdurrahman Saleh. Masa bakti kepengurusan tersebut 2021-2026 yang diberikan amanah kepada Ketua PMI Konkep, Imanudin dan Sekretaris, Kalpin. Meski baru diberi amanah sebulan lalu, namun pengurus PMI Konkep langsung tancap gas menyiapkan Markas PMI dan menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) tanggap bencana selama lima hari mulai 7-12 November 2021.

Foto bersama usai pembukaan Diklatsar, Minggu sore (7/11/2021).

Diklatsar melibatkan peserta Palang Merah Remaja (PMR) tingkat SMP dan SMA 50 pelajar. Kemudian guru pembina 30 orang dan Korps Sukarela (KSR) sebanyak 20 peserta. Kegiatan mulia tersebut terpusat di lokasi SMPN 2 Wawonii Barat. Diklatsar perdana itu diikuti antusias para peserta. Pembiayaan kegiatan di support penuh oleh ketua PMI Konkep.

Ketua panitia kegiatan, Kalpin dalam sambutannya memaparkan bahwa Diklatsar perdana diikuti sebanyak 100 peserta. Para peserta akan mendapatkan materi dan praktek lapangan penanggulangan bencana dari sepuluh orang pemateri PMI Provinsi Sultra. “Panitia bekerja totalitas menyiapkan Diklatsar dengan dukungan pendanaan dari pribadi pak Imanudin. Serta dukungan dari pengurus PMI Sultra. Harapannya para peserta dapat menuai pengetahuan dalam Diklatsar sehingga kelak menjadi kader PMI yang tanggap bencana,” jelasnya.

Ketua PMI Konkep, Imanudin mengucap syukur atas terselenggaranya Diklatsar yang sekaligus melibatkan peserta PMR, KSR dan guru pembina. Anggota DPRD Konkep dua periode ini memaparkan bahwa Diklatsar sangat penting sebab daerah Konkep merupakan sebuah pulau yang rawan bencana. Selain itu hal penting lagi, daerah ini belum memiliki Bank Darah. Olehnya PMI Konkep berkomitmen akan mendorong tersedianya bank darah.

Foto bersama usai usai penyematan tanda peserta Diklatsar PMR, KSR dan Guru Pembina.

“Sudah banyak kasus pasien meninggal karena kekurangan darah. Olehnya PMI Konkep berkomitmen akan mendorong terbangunnya bank darah. Sehingga melalui Diklatsar ini dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan serta jiwa-jiwa pejuang tanggap darurat,” tegasnya.

Sementara Perwakilan PMI Sultra, Drs Jamsir Ninu mengapresiasi langkah cepat pengurus PMI Konkep menggelar Diklatsar. Bahkan pengurus senior PMI Sultra ini memuji keberanian pengurus PMI Konkep menggelar kegiatan tiga sekaligus yakni Diklatsar PMR, KSR dan Guru Pembina. “Di daerah lain Diklatsar dilakukan terpisah waktunya namun di Konkep digelar sekaligus. Ini menandakan bahwa pengurus PMI Konkep berkomitmen besar mewujudkan jiwa-jiwa PMI yang tangguh dan tanggap bencana. Harapannya kepada para peserta untuk memanfaatkan kegiatan ini sehingga kelak dapat bermanfaat besar kepada masyarakat Konkep serta Sultra pada umumnya,” katanya singkat menutup sambutannya.

Laporan: Lisman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here