Entaskan Ketertinggalan, Pemkab Konkep Resmi Jalin Kerjasama dengan Banyuwangi

99
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan Bupati Konkep, Amrullah usai penandatanganan MoU.

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Kunjungan studi komparatif atau studi tiru yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan di Banyuwangi akhir bulan Agustus 2019 berbuah manis. Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengundang secara resmi Pemkab Konkep untuk menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU). Kerja sama ini bertujuan untuk memajukan tata kelola pemerintahan Konkep yang lebih modern dan terbuka . Selain itu guna memajukan berbagai sektor unggulan yang dimililiki pulau Konkep. Wisata Konkep tetap menjadi fokus pembangunan.

Seperti diketahui Pemkab Banyuwangi dinobatkan sebagai daerah yang patut ditiru tata kelola pemerintahannya dan kemajuan sektor wisatanya. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas sukses dengan program terpadu yang yang disebut Mal Pelayanan Publik (MPP) serta Launge Pelayanan Publik (LPP). Dua tempat ini telah terintegrasi dengan sistem digitalisasi sehingga memudahkan masyarakat mengurus segala kebutuhannya. Kemudian Bupati Banyuwangi mendorong dan mendukung masyarakat berlomba menampilkan kreatifitasnya dalam berbagai kegiatan festival.

Semua keberhasilan pembangunan berkat kerjasama yang kompak antara atasan dan bawahan serta dukungan masyarakat.

Berdasarkan hal itulah Pemkab Konkep serius menjalin komunikasi yang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan kerja sama. MoU ini difocukskan pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbentuk penerapan aplikasi pelayanan guna mendukung Penyelenggaraan Pemeriuntah Berbasis Elektronik (SPBE).

Nampak Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan menerima beberapa point kerjasama dengan Banyuwangi.

“Fokus kerjasama ini adalah memberikan hibah dan pembinaan penerapan aplikasi berbagi pakai yakni e-Planning, e-Budgeting, e-SAKIP, e-Kinerja, e-Simral, dan e-Surat. Jadi kedepan pelayanan publik di Konkep akan lebih mudah dan gampang karena semua sudah terpusat di MPP dan LPP,” ungkap Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan saat memberikan rilisnya kepada media ini, Senin (16/9/2019).

Dalam kerjasama ini, Bupati Konkep, H Amrullah berharap nantinya konsep pemerintahan akan lebih berkembang dan maju. Semuanya berawal dari tata kelola pemerintahan yang baik serta dukungan masyarakat serta tersedianya aplikasi yang mendukung.

Di tempat yang sama Bupati Konkep dan rombongan juga menghadiri pagelaran budaya Sendratari Meras Gandrung pada Festival Lembah Ijen 9, Muncar Fish Market Festival, Upacara Adat Kebo-Keboan serta perlombaan Banyuwangi Savana Duathlon 2019 sebagi rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival 2019 yang diselenggarakan oleh Pemkab Banyuwangi.

Selain Konawe Kepulauan Pemkab Banyuwangi juga menjalin kersama serupa dengan Pemerintah Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, Kabupaten Manggarai NTT, Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here