Empat Tahun Peran Syiar Islam Konkep

84
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT saat membacakan sambutan pembukaan MTQ.

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Ribuan orang dari tujuh Kecamatan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memadati halaman perkantoran bupati. Rombongan ini datang dengan semangat syiar Islam pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-IV tingkat Konkep. Kafilah pawai ta’aruf dari Kecamatan Wawonii Utara lebih duluan tampil memberikan penghormatan kepada inspektur upacara. Kemudian disusul kecamatan lainnya hingga rombongan pawai dari Kemenag dan dinas kesehatan.

MTQ level Konkep ini merupakan agenda ke empat kalinya di gelar sejak daerah ini mekar pada tahun 2013. Acara MTQ bermaksud membumikan nilai-nilai syiar Islam melalui lomba baca Alquran. Pesertanya datang dari perwakilan utusan dari tujuh kecamatan.

Ajang ini akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 21- sampai 23 Januari 2020. Dalam acara pembukaan kegiatan yang dipimpin langsung Bupati Konkep, Amrullah berlangsung meriah. Kegiatan di awali dengan penampilan pawai ta’aruf, pembacaan ayat suci Alquran, laporan ketua panitia yang bertindak Wabup Konkep, Andi Muh Lutfi. Selanjutnya sambutan Bupati hingga pelantikan dewan juri.

Bupati Konkep, Amrullah saat melantik dewan juri lomba MTQ.

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT dalam sambutannya berharap kepada peserta lomba dan juga penduduk Wawonii agar menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman kehidupan. Semangat baca dan pengamalan Al-Qur’an jangan hanya di ajang lomba tapi juga diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Amrullah juga mengatakan, untuk mewujudkan visi pemerintahan ‘Terwujudnya tata Peradaban masyarakat Wawonii yang bebas dari belenggu keterbelakangan sosial ekonomi dan sosial budaya tahun 2021’ salah satunya adalah mensukseskan lomba MTQ ini. Selain itu, pengaplikasiannya harus ditumbuhkan kecintaan pada Al-Qur’an dalam mengarungi kehidupan ini.

Selain itu, ajang lomba ini juga sebagai langkah pencarian bakat terbaik dari qori-qoriah, Hafizh-hafizha, mufatsir-mufatsirah. Yang selanjutnya akan mewakili daerah ini ke tingkat provinsi hingga nasional dan bahkan internasional.

Melalui MTQ ini diharapkan lahir proses pembelajaran, pengkajian, dan pengamalan nilai-nilai ilmiah dan amaliyah yang terkandung dalam kitab suci alquran, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya insani. Tidak hanya itu, MTQ juga adalah kegiatan strategis yang merupakan ajang seni baca alquran yang telah melembaga dan membudaya dalam kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Foto bersama usai pembukaan MTQ

“Olehnya itu, mari kita sukseskan kegiatan ini dan semoga melalui agenda ini Konkep menjadi daerah yang beriman dan bertaqwa Baldatun Taybhatun warabun Ghafur,” ujarnya.

Pembukaan ini turut dihadiri Ketua DPRD Konkep bersama Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, dan Ketua Komisi I, Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten I, II, III dan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, dan Kepala Desa, tingkat Konkep.

Usai pembukaan pawai ta’aruf, Kepala Bagian Kesehatan Rakyat, Hj Siti Sulaeha Abbas saat di wawancara awak media mengungkapkan, MTQ ke IV tingkat Konkep ini akan digelar selama tiga hari kedepan mulai sejak tanggal 21 sampai dengan 23 Januari, yang bertempat di Masjid Raya Langara. Selain itu, jenis lomba yang bakal dilombakan terbagi dibeberapa cabang seperti, Tartil Quran, Tilawah Quran, Hifzil Quran, Qira’ah Mujawwad, Qiraah Murattal,” katanya.

Penulis: Kalvin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here