Efek Domino Bank Sampah SMK 2 Bombana

123
Suryanto, Guru SMKN 2 Bombana sang penggagas Bank Sampah.
Suryanto, Guru SMKN 2 Bombana sang penggagas Bank Sampah.

KARYASULTRA.ID, BOMBANA-Generasi pelajar tidak hanya diajar menguasai ilmu pengetahuan namun harus miliki semangat hidup bersih dan berwirausaha. Hal inilah yang dilakukan pihak SMKN 2 Bombana kepada para peserta didiknya, demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat Sekolah Menengah Kejuruan tersebut memprogramkan Bank Sampah sekolah. Hadirnya Bank Sampah tersebut memberikan efek berantai atau efek domino. Bank Sampah ini secara perlahan mengajarkan peserta didik berjiwa usaha dengan memanfaatkan hal-hal kecil bernilai profit.

Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMKN 2 Bombana Suryanto mengatakan, program bank sampah tersebut sudah berjalan sejak dua tahun dan telah membuahkan hasil.

“Bank sampah sudah berjalan sejak dua tahun lalu, program ini guna menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta efeknya menumbuhkan jiwa wirausaha ” jelasnya kepada Wartawan Karyasultra.id, Senin (25/10/2021).

Mengenai penerapannya para siswa mengumpulkan sampah plastik yang berserakan lalu kemudian di kumpulkan.

“Untuk prosesnya siswa diarahkan untuk mengumpulkan sampah sampah plastik yang berserakan di sekitaran sekolah, lalu kemudian di bawa ke penampungan utama sekolah. Tidak hanya sampah plastik tapi kami juga menumpulkan buku buku bekas untuk di jual,” terangnya.

“Kami sudah pernah menimbang sampah dan hasilnya lumayan terakhir kami menjual hasil penjualannya capai ratusan ribu,” tambah Suryanto.

Lebih lanjut Suryanto, Hasil dari pemilahan sampah itu diberikan kepada penjaga sekolah agar membantu mengumpulkan sampah sampah yang ada.

Mengenai sarana prasarana yang ada pihaknya mengaku masih kekurangan seperti tempat tempat sampah yang ada di kelas, meski demikian pihaknya tetap bersyukur sudah dibantu gerobak oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLH Bombana).

“Untuk bantuan dari kabupaten kami diberikan gerobak sampah dari dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya.

Ditambahkanya, untuk jumlah peserta didik di SMKN 2 Bombana berjumlah hingga ratusan siswa.

“Jumlah Siswa kami disini kurang lebih tiga ratusan peserta didik,” kata dia.

Untuk diketahui, SMK 2 Bombana berdiri sejak tahun 2007 lalu.

Laporan: Aldi Dermawan
Editor: Kalvin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here