DPPKB dan TNI di Bombana Gelar Pelayanan KB

34

KARYASULTRA.ID, BOMBANA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana bersama Tentara Negara Indonesia (TNI) di Kabupaten Bombana mewujudkan kemanunggalannya dengan rakyat. Kali ini, TNI bersama dinas terkait menggelar kegiatan Pencanangan Pelayanan Keluarga Berencana TNI Manunggal Bangga Kecana Kesehatan Terpadu (TMKK) 2022.

Kegiatan TMKK 2022 ini juga menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN Sultra) kegiatan pelayanan KB gratis tersebut digelar di semua Puskesmas se- Kabupaten Bombana.

Kepala DPPKB Kabupaten Bombana Drs. H. Abdul Azis, M.Si mengatakan, TMKK merupakan bentuk kemitraan antara TNI dan BKKBN yang bertujuan untuk meningkatkan capaian kesertaan KB sehingga dapat menaikkan kesejahteraan masyarakat. TNI sebagai mitra strategis dalam pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di daerah dan dilapangan.

Abdul Aziz juga menuturkan TMKK merupakan salah satu upaya memberikan kontribusi terkait dengan masalah kependudukan, dimana sebelumnya Pemda Bombana diminta untuk turut berperan aktif dalam mensukseskan agenda prioritas apa yang menjadi nawacita itu sendiri, salah satunya adalah cita yang ke lima yakni meningkatkan kualitas hidup manusia atau masyarakat Indonesia.

“Melalui pelayanan KB dan payanan kesehatan yang di lakukan, kami juga mensosialisasikan tentang pendewasaan usia perkawinan, sosialisasi kesehatan reproduksi, sosialisasi perencanaan keluarga pada anak remaja, serta promosi program KB dengan dua anak lebih sehat,” Kata Abdul Aziz Jumat, 30 September 2022.

Kegiatan ini dilakukan serentak secra nasional, mulai berlangsung pada 1 Agustus hingga 30 September 2022 lalu. “Tentu harapan kita kegiatan yang diselenggarakan itu dapat lebih meningkatkan lagi kesertaan KB di wilayah kerja kita dan menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi,”ujarnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama saling bahu membahu demi terselenggaranya acara ini. Semoga, acara ini selalu memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Bombana” sambungnya.

Pelaksanaan TNI Manunggal TMKK itu menarget 2.081 akseptor dan capaiannya 5.334 akseptor atau 256% dengan rincian IUD 160, MOP 3, MOW 8, Implan 300, Suntik 1.310, Kondom 42 dan Pil 1.455.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here