Dinas Pendidikan Konkep Kejar Pelajar Berbakat Seni

115
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Drs Muh Yani duduk di tengah saat memberikan pembekalan dan pelepasan GSMS.

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Mimpi generasi pelajar untuk menjadi seniman bakal terwujud. Pelajar berbakat seni di tingkatan SD dan SMP di Kabupaten Konawe Kepulauan bakal mendapat gemblengan langsung dari maestronya. Program ini di sebut Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Sebanyak 21 Seniman dari berbagai keahlian seperti seniman musik, tari, teater dan seni rupa bakal terjun ke sekolah-sekolah untuk menyalurkan ilmunya.

Gerakan Seniman ini di gelar di Konawe Kepulauan (Konkep) selama dua bulan. Para seniman telah dibekali dan di lepas secara langsung oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisbud), Drs Muh Yani, Selasa pagi (6/8/2019).

Kadisbud dalam sambutannya berharap kepada Seniman yang diberi amanah untuk membantu anak-anak berbakat menjadi seniman handal.

“GSMS ini adalah peluang menciptakan embrio seniman yang kelak bakal mengharumkan nama daerah. Kami harap kepada 21 Seniman agar bersungguh-sungguh menyalurkan bakatnya kepada generasi kita,” kata Muh Yani.

Foto bersama Seniman GSMS.

Kepala Bidang Kebudayaan, Hasim S.Pd mengatakan, GSMS di Konkep merupakan program perdana yang diselenggarakan. Harapannya, selama memberikan kegiatan ekstrakurikuler kepada 10 lokasi SMP dan 11 titik SD dapat membantu memfasilitasi keterbatasan sekolah di bidang kesenian.

Hasim juga menjelaskan, 21 tenaga profesional kesenian yang bakal turun langsung ke sekolah telah mendapat pembekalan. Mereka akan mengajar seni selama 27 kali tatap muka. Diperkirakan berjalan bulan Agustus sampai awal Oktober 2019.

“Jadi tiap sekolah akan dilatih 35 anak sesuai hasil seleksi. Dalam proses pembelajaran tidak akan mengganggu proses belajar mengajar karena ini sifatnya ekstrakurikuler. Kelak Hasil akan dipentaskan di tiap sekolah dan nanti akan ditampilkan dalam acara-acara tingkat kabupaten,” jelasnya, Rabu (7/8/2019).

Hasim menambahkan, harapannya tiap tahun program ini dapat terwujud. Sebab di daerah ini sangat kekurangan guru seni. Olehnya itu, program ini diharapkan mampu menjadi pionir lahirnya seniman di Konkep.

“Kelak nanti melalui seniman ini, pihak Pariwisata bisa menjalin kerjasama dalam memajukan daerah. Sebab Seniman yang diberi amanah benar-benar hasil seleksi yang kami anggap miliki potensi mempuni,” tegasnya.

Laporan: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here