Diklatsar PMI Konkep Berakhir di Momen Hari Pahlawan

225
Ketua PMI Konkep, Imanudin S.Pd saat menutup kegiatan Diklatsar Guru Pembina dan PMR, Rabu (10/11/2021).
Ketua PMI Konkep, Imanudin S.Pd saat menutup kegiatan Diklatsar Guru Pembina dan PMR, Rabu (10/11/2021).

KONKEP, KARYASULTRA.ID – Selama empat hari Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) sukses digelar pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Diklatsar yang melibatkan 21 guru pembina dan 85 pelajar SMP dan SMA sederajat itu berakhir di momen peringatan hari Pahlawan, 10 November 2021 di Pantai Kampa.

Suasana Upacara Pengukuhan dan Penutupan Diklatsar.

Peserta Diklatsar tersebut telah mendapat pembekalan materi dan praktik. Pembekalan pengetahuan seputar PMI, kepemimpinan serta praktik perawatan keluarga dan pertolongan pertama. Banyak hal lagi yang diberikan para pemateri dari PMI Provinsi Sultra. Hari akhir kegiatan berlangsung di pantai Kampa yang juga berbagai jenis outbound digelar untuk melatih kesabaran, kekompakkan, ketelitian fokus dan saling membantu.

Para peserta Diklatsar guru pembina dan PMR Madya serta Wira telah resmi dikukuhkan oleh ketua PMI Konkep, Imanudin bertempat di Pantai Kampa.

Saat sambutan pengukuhan, Imanudin berharap angkatan pertama Diklatsar dapat memupuk dan mengaplikasikan ilmu kepalangmerahan. Guru Pembina PMR ditiap sekolah dapat membentuk kepengurusan PMR di setiap sekolah. Para siswa juga yang sudah dikukuhkan diharapkan menjadi kader PMR yang akan menularkan jiwa sosial, Kemanusiaan dan berkolaborasi menghidupkan kepengurusan PMR di sekolahnya.

Ketua PMI Konkep, Imanudin saat pengarahan kegiatan Diklatsar di Markas.

“Dengan hadirnya kader atau angkatan pertama ini dapat menghidupkan kepalangmerahan di daerah ini. Sebab Kepalangmerahan adalah gerakan sosial untuk menanamkan prinsip kemanusiaan juga solidaritas dalam membantu sesama.
Maka, penanaman prinsip Kepalangmerahan di kalangan remaja ini akan terus kita pupuk,” ujarnya.

Imanudin juga menegaskan, melalui kegiatan positif ini dapat mencetak kader pemimpin masa depan yang bukan mengandalkan kecerdasan intelektualitas saja, melainkan pemimpin yang selalu mempertimbangkan aspek kemanusiaan. “PMI Konkep bersama relawannya di PMR, KSR dan (Tenaga Suka Rela (TSR) akan menjadi garda terdepan melakukan aksi sosial dan tanggap bencana demi memanusiakan manusia,” harapnya.

Kegiatan outbound guru Pembina PMR.

Wakil ketua I DPRD Konkep ini juga mengingatkan kepada yang baru saja dikukuhkan bahwa pertengahan bulan Desember 2021 akan digelar agenda besar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) yang mempertemukan semua relawan remaja se-Sultra, mulai tingkatan mula (SD), Madya (SMP) dan Wira (SMA). “Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua yang berhimpun di PMI Konkep untuk bersiap sedia menjadi tuan rumah Jumbara. Kita optimis meski PMI Konkep baru beberapa bulan terbentuk namun akan mempersembahkan yang terbaik,” katanya dengan nada tegas.

Imanudin juga mengucap syukur dan berterima kasih kepada pengurus PMI Sultra yang sudah memberikan ilmu kepalangmerahan dengan penuh keikhlasan kesabaran. Antusias anak-anak didik mengikuti kegiatan sangat tinggi. Hal ini terbukti semangat mereka dari awal pembukaan hingga penutupan tak ada satupun yang membolos.

Laporan: Lisman

Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here