Desa Mataiwoi Konkep Bersolek Bak Gadis Cantik

243

KONKEP, KARYASULTRA.ID – Wajah desa Mataiwoi Kecamatan Wawonii Utara berubah cerah. Pagar rumah warga di cat merah putih, tiap rumah terpasang umbul-umbul warna warni. Warga antusias dan berbondong-bondong menyambut kedatangan tim penilai lomba desa dari unsur pemerintah kabupaten Konkep.
Sebanyak 12 orang tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tiba sore hari di Desa Mataiwoi Selasa (17/5/2022).

Penilaian lomba desa Turut hadir Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Luthfi, Ketua penggerak PKK Ibu Hj. Nurul Hidayati, Kepala Bappeda Safiuddin Alibas, Kadis PMD Muhammad Yani, Kadis Kominfo Jamhur Umirlan, Kadis Lingkungan Hidup H. Rustam Arifin, Camat Wawonii Utara dan seluruh Kades kecamatan Wawonii Utara, dan unsur OPD lainnya.

Desa Mataiwoi sendiri merupakan peserta lomba desa yang mendapatkan giliran kedua setelah desa Wawobili kecamatan Wawonii Barat untuk dilakukan penilaian diajang tahunan tersebut.

Kepala Desa Mataiwoi, Syukur Matorang Saat dikonfirmasi media ini di kediamannya, mengaku telah melakukan persiapan secara maksimal selama kurang lebih dua bulan dalam menghadapi lomba desa.

“Tahun ini kami mengikuti lomba desa dengan persiapan yang sangat minim, akan tetapi saya bersama aparat desa dan seluruh masyarakat Mataiwoi dapat bekerja secara maksimal dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan ini”, Ujarnya sembari menyebut jumlah jiwa warganya sebabyak 371 orang dari 115 Kepala Keluarga (KK).

Syukur Berharap dengan dilibatkannya Desa Mataiwoi sebagai perwakilan Kecamatan Wawonii Utara untuk mengikuti Lomba tahun ini, Ia berharap Desanya makin berkembang dan maju, tidak hanya itu diapun berharap Desanya bisa mewakili Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Pada lomba Desa tingkat Provinsi.

“Melalui ajang lomba Desa ini, saya pribadi berharap masukan untuk Kami baik berupa konsep pemikiran dalam membangun desa kami agar lebih berkembang dan maju, Semoga lomba kali ini Desa kami dapat meraih juara dan dapat mewakili Konkep di lomba Desa tingkat Provinsi”, harapnya

Drs. Muhammad Yani, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Menuturkan Tujuan di lakukan lomba desa memberikan motivasi agar desa tersebut dapat berkembang, kompetitif berdaya saing dan juga Inovatif.

Lanjut Kadis PMD, “Kriteria penilaian Lomba mengacu pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Dimana aspek penilaian lomba tahun ini yakni Bidang pemerintahan, Kewilayahan dan partisipasi masyarakat serta Inovasi Desa”, Imbuhnya

Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi yang turut hadir pada Kegiatan penilaian lomba Tersebut, dalam sambutannya Berharap Semua Desa di Konkep Bisa Berkembang, Kompetitif, Tangguh dan Inovatif Demi mewujudkan Wawonii Bangkit Masyarakat Sejahtera Dalam bingkai Lingkaran Hati Emas.

Andi Lutfi juga berpesan kepada Tim Penilai Lomba agar memberikan penilaian yang terbaik dan kooperatif dalam menilai.

“Saya tidak akan memberikan sambutan panjang lebar karena sudah cukup apa yang disampaikan tadi Ketua Penggerak PKK Desa Mataiwoi, Pak Desa dan juga Pak Kadis PMD selaku Ketua Panitia Lomba, saya titip pesan saja Kepada Tim penilai agar melakukan penilaian yang terbaik dan juga kooperatif dalam menilai, sehingga betul-betul menjadi pilihan terbaik untuk mewakili Kabupaten Konkep di ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi” ucapnya

Desa Mataiwoi secara geografis terletak pada bagian ujung barat Kecamatan Wawonii Utara Atau pada bagian barat laut dari ibu kota Kabupaten dan merupakan Wilayah Perbatasan Kecamatan Wawonii Utara dan Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Laporan: Lisman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here