Dari Bekal UKW hingga Modal Berwartawan Kapabel

34

KENDARI, KARYASULTRA.ID

Zaman berubah, Wartawan menyesuaikan perubahan. Era banjir informasi, Wartawan jadi penjernih. Di tengah situasi serba cepat dan berseliwerannya berita maka kerja-kerja pewarta diharapkan menjadi sumber tepercaya. Wartawan dituntut bekerja ekstra dengan beralaskan aturan yang dipedomaninya. Berpegangan teguh pada UU Pers, Kode Etik dan aturan kepenulisan. Ruang lingkup kerja wartawan menuntut kecerdasan dan moral. Profesi ini menggampangkan orang-orang memasukinya, namun hanya yang kapabel yang bisa menjalani dengan profesional dan memiliki kekayaan intelektual.

Untuk memastikan profesi ini dijalankan dengan kaidah yang benar, maka organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra menggelar Uji Komptensi Wartawan (UKW). Ujian ini direncanakan tanggal 27-29 Mey 2024. Sebelum ujian berlangsung, para peserta melengkapi berkas persyaratan dan mengikuti pemaparan materi pra UKW, Kamis pagi hingga sore (16/5/2024). Untuk Sultra diikuti 33 peserta dan dua daerah lainnya juga akan mengikuti UKW di waktu yang sama yaitu Solo dan Sulteng.

Peserta pra-UKW dari Sultra sangat antusias mengikuti pembekalan.
Kegiatan ini dilaksanakan Via Zoom Meeting. Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang Kode Etik Jurnalistik, Hukum Pers, Penulisan Berita, dan Fotografi Jurnalistik.

Materi disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu, praktisi jurnalistik senior, dan anggota Dewan Pers.

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengapresiasi semangat calon peserta mengikuti pembekalan dengan narasumber, yakni Direktur UKW DR Firdaus Komar dan Penguji Uyun Ahdiat.

Ia mengatakan UKW merupakan tolok ukur profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya.

“UKW bukan hanya seremonial, tapi tolok ukur profesionalitas wartawan. Wartawan yang kompeten adalah wartawan yang menguasai kode etik dan hukum pers, serta mampu menulis berita yang akurat dan berimbang,” jelas Sarjono.

Salah satu peserta UKW, Darmono, menyambut baik pembekalan sebagai persiapan menghadapi UKW 27-29 Mei 2024 di Kendari.

“Saya serius mengikuti pra UKW. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jurnalistik. Saya berharap dengan mengikuti pra UKW saya dapat lebih siap untuk mengikuti ujian kompetensi dan menjadi wartawan yang profesional,” ujar Darmono.

Penulis : Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here