Cegah Kecelakaan, Dishub Bombana Bangun Diskusi Tertib Berlalu Lintas

168
Foto bersama usai diskusi tertib berlalu lintas di Kabupaten Bombana.
Foto bersama usai diskusi tertib berlalu lintas di Kabupaten Bombana.

KARYASULTRA.ID, BOMBANA-Angka kecelakaan di jalan raya terus meningkat hingga menelan korban jiwa. Penyebabnya karena minimnya kesadaran para pengendara dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, angka kecelakaan juga terjadi akibat akses jalan yang mengalami kerusakan. Atas permasalahan tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana mengumpulkan pihak terkait untuk duduk bersama berdiskusi.

Upaya tersebut terwujud, Jumat (29/10/2021) bertempat di Grand Lampusui Bombana. Dinas Perhubungan menggelar kegiatan Diskusi Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan, (FLLAJ) mengangkat tema “Dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kita Berikan Layanan terbaik Kepada Masyarakat Pengguna Jalan dalam Rangka Terciptanya Keselamatan, Keamanan dan kenyamanan Berlalulintas”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekertaris Daerah (Sekda Bombana) Man Arfa, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Bombana AKP Muh. Arifin Fajar S.M serta beberapa tokoh-tokoh masyarakat juga turut dilibatkan.

Sekda Bombana, Man Arfa dalam sambutanya mengatakan, permasalahan lalu lintas di Kabupaten Bombana sangatlah kompleks. Olehnya dengan adanya forum ini pihaknya berharap forum tersebut dapat mengakomodir permasalahan lalu lntas dan angkutan jalan di Bombana.

“Permasalahan lalulintas di Bombana sangatlah kompleks, ini menjadi tanggung jawab kita bersama olehnya itu adanya forum ini dapat melahirkan solusi dari permasalahan lalulintas kita,” kata Man Arfa.

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Dinas Perhubungan Provinsi Sultra Awaludin, Kasat Lantas Polres Bombana .

Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan Provinsi Sultra Awaludin mengatakan, adanya forum lalulintas ini menampung aduan-aduan masyarakat terhadap pengembangan lalulintas yang ada di Bombana.

“Di forum ini semua dibahas tentang lalulintas baik itu rambu rambunya, infrastrukturnya dll. Forum ini berdiri independen siap menerima masukan dan menerima kritikan,” kata Awaludin.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bombana AKP Muh. Arifin Fajar S.M saat memberikan materi memaparkan jumlah kasus kecelakaan di Kabupaten Bombana selama tahun 2020 sebanyak 33 kasus.

“Kami telah mencatat sepanjang 2020 ada 33 kasus kecelakaan sedangkan di tahun 2021 dari januari hingga saat ini
Kami mencatat terdapat 21 kasus kecelakaan lalulintas,” ungkapnya.

Untuk diketahui diskusi Forum lalulintas tersebut melibatkan Dinas PUPR Bombana serta Satlantas Polres Bombana.

Laporan: Aldi Dermawan
Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here