Burhanudin Tantang 121 Desa di Bombana

211

Canangkan 10 Desa Mandiri Berkategori Program Satu Desa Satu Produk

KARYASULTRA.ID, BOMBANA

Pemerintah desa ditantang memiliki visi terintegratif serta inovatif. Hal itu diyakini Burhanudin sebagai kunci utama dalam melaksanakan pembangunanan. Lahirnya desa inovatif terintegratif tentu akan menjadikan Bombana yang lebih terarah, terukur dan akuntabel.

Hal itu di sampaikan Burhanuddin saat rapat sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dan prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2023 bertempat di Auditorium tanduale yang dihadiri Kepala desa se- Kabupaten Bombana.

Pj Bupati Bombana dalam sambutanya mengatakan, dalam penyusunan perencanaan kegiatan pemerintahan di desa terlebih dahulu berpedoman pada RPJMD agar pelaksanaan kebijakan Pemerintah desa selaras dengan kebijakan Pemerintah Daerah.

“Semua kepala desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa harus berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif sehingga penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 lebih terarah,” tegas Burhanuddin, Rabu 23 November 2022.

Burhanuddin juga menekankan para kepala desa agar dapat menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan usaha ekonomi produktif yang melibatkan masyarakat pasa masing masing desa.

“Jika ini terwujud maka lahirlah desa
One Village One Product (OVOP) memberikan peluang bagi desa-desa dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia sehingga dapat mendongkrak pendapatan asli desa, ekonomi masyarakat tentunya akan lebih baik lagi,” jelas Burhanuddin.

Pemerintah Kabupaten Bombabana saat ini membuka peluang kepada investor untuk berinvestasi sehingga memberikan ruang bagi desa-desa untuk berinovasi.

“Saya mengajak seluruh Kepala Desa dan Komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan 10 Desa Mandiri,” kata dia.

Melihat Kabupaten Bombana memiliki banyak potensi yang dapat di kembangkan Burhanuddin kini programkan satu desa satu produk. Satu desa satu produk yang di mana produk produk tersebut memiliki nilai ekonomi sehingga menjadikan Bombana Surga Investasi.

“Nantinya produk peoduk kita akan kemas dengan kemasan Khas Bombana agar dapat masuk pasar, Kita harapkan produk kita bisa di pasang di etalase terdepan di pasar pasar modern, seperti Mini market dan seagainya,” harap Burhanuddin.

Ia juga bakal meberi reward kepada desa yang memiliki dapat menciptakan produk. Kata dia. Saat pameran HUT Bombana mendatang akan satu stand khusus produk produk asli Bombana untuk di pamerkan. “Akan ada tim yang khusus menilai produk produk 121 desa yang tersebar di 22 kecamatan,” pungkasnya.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here