Bupati Konkep Monev Terpadu Pembangunan

431
Saat meninjau pantai Dimba Raya di Kecamatan Wawonii Timur Laut. Di lokasi ini direncanakan akan dibangun talud penahan ombak tahun 2022.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Sampai pertengahan bulan Oktober 2021 ini, geliat pembangunan di bumi Wawonii berjalan lancar dan progresnya mencapai 70 persen. Dari tujuh kecamatan di daerah ini, satu per satu pembangunan di tiap kecamatan dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev) secara terpadu. Monev dipimpin langsung bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Amrullah dan didampingi wakilnya Andi Muh Lutfi, Bappeda, Safiudin Alibas beserta unsur pimpinan lainnya.

Kegiatan Monev berlangsung dua hari tanggal 18-19/Oktober/2021. Hari pertama rombongan meninjau pembangunan di kecamatan Wawonii Utara, Timur Laut, Timur dan Tenggara. Hari ke dua giliran Monev Kecamatan Wawonii Barat, Tengah dan Selatan.

Saat tim terpadu meninjau di hari pertama, Bupati Konkep fokus melihat garis pantai di Wawonii Utara yang sudah mendapat pembangunan talud pantai. Ia juga sudah merencanakan akan membangun talud penahan ombak di sepanjang garis pantai dari Utara hingga Timur. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya abrasi pantai. “Kasian rumah keluarga kita yang berdiri tak jauh dari pantai makin mengkhawatirkan karena terjadinya abrasi,” katanya saat meninjau talud di Waworope Raya.

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT ketika berada di desa Watuondo, Kecamatan Wawonii Timur Laut. Rombongan melihat lokasi pantai yang dinilai rawan abrasi serta meninjau pembangunan jalan menuju desa ini.

Disepanjang jalan peninjauan, rombongan juga mengecek pembangunan drainase jalan lingkar di kecamatan Wawonii Utara serta pembanguan jembatan di kecamatan Wawonii Timur Laut. Di Timur Laut juga tepatnya di Desa Patande rombongan juga singgah di jembatan sungai Ladianta. Di lokasi ini direncanakan pembangunan talud normalisasi kali Ladianta. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi banjir bah ketika musim hujan, sebab daerah ini rawan terjadi banjir bah yang dampaknya terhadap tenggelamnya pemukiman warga.

Rombongan juga meninjau garis pantai Desa Dimba Raya yang juga tahun 2022 direncanakan akan dibangun talud. Rombongan Monev melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Wawonii Timur. Di sepanjang jalan, rombongan menilai pembangunan berjalan lancar. Tiba di Munse ibukota Kecamatan Wawonii Timur, rombongan istrahat dan santap siang. Rombongan melanjutkan perjalanan menuju ibukota kecamatan Wawonii Tenggara guna melihat beberapa pembanguan jalan termasuk jalan ekstrim gunung solongko.

Kepala Bappeda Konkep, Safiudin Alibas mengatakan, Monev ini sangat penting dilakukan guna melihat langsung kondisi riil di lapangan. “Alhamdulillah berjalan lancar dan progresnya makin baik. Pak bupati juga fokus melihat garis pantai yang akan dibangunkan talud penahan ombak. Hal ini dinilai penting sebab pantai kita dibagian timur rawan abrasi jika tak dibangunkan talud. Begitu juga beberapa sungai besar seperti di Ladianta harus kita normalisasi guna mencegah banjir bah yang akan mengancam perumahan warga,” ujarnya kepada wartawan Karyasultra.id saat mendampingi bupati dan wakil bupati saat Monev.

Laporan: Lisman
Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here