Bombana Panen Bawang Merah

223


Ihktiar Tekan Inflasi

BOMBANA, KARYASULTRA.ID- Pemerintah Kabupaten Bombana terus melakukan berbagai langkah antisipatif lonjakan inflasi. Antara lain menggelar operasi pasar, pemerataan distribusi sejumlah komoditas, serta mengoptimalkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Hal itu sesuai dengan arahan pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi menjadi agenda prioritas bagi kepala daerah.

Sebagai upaya pencegahan inflasi di wilayah Kabupaten Bombana, Pemda Bombana melalui Dinas Pertanian, programkan penanaman Hortikultura seperti tomat, cabai, dan bawang merah. Upaya tersebut dipercayai mampu menekan laju inflasi pada Kabupaten Bombana.

Kali ini panen raya bawang merah bertempat di Desa Tampabulu Kecamatan Poleang Utara, Kabupaten Bombana. Alhasil kurang lebih tiga bulan lamanya bantuan bibit Bawang Merah yang diserahkan Pemerintah pada petani kini telah menuai hasil.

Pj Bupati Bombana Burhanuddin mengatakan, Pemda Bombana terus gencar melakukan program penanganan Inflasi agar masyarakat dapat menikmati harga pangan yang terjangkau.

“Kegiatan kegatan panen yang dilakukan ini sebagai salah satu kegiatan rangkaian penanganan inflasi didaerah kita, hal ini tentunya sesuai dengan instruksi Presiden RI di tahun 2023 ini di fokuskan pada penanganan inflasi, sehingga kondisi inflasi di daerah tetap stabil,” kata Burhanuddin, Kamis, 23 Februari 2023.

Komoditas bawang merah ini menjadi program prioritas dalam pencegahan inflasi dan hasil dari pembibitan bawang merah masyarakat Desa Tampabulu itu dianggap memuaskan.

Hal senada juga katakan Kepala Dinas Pertanian Bombana Muhammad Siarah, pihaknya terus memprogramkan pengembangan komoditas unggulan dimasyarakat demi mencegah inflasi.

“Kita akan terus melakukan kerja kerja inovatif, melahirkan masyarakat yang mandiri pangan, salah satu contoh adalah panen bawang ini, komoditas ini adalah salah satu komoditas sayuran unggulan dalam kebutuha dapur, olehnya itu kita programkan. Selain itu Bawang merah ini menjadi bahan pokok yng diawasi dalam penekanan laju inflasi,” terang Siarah.

Berdasarkan laporan dari statistik dari 20 item bahan pokok yang diawasi dalam laju inflasi di antaranya bawang merah, serta kebutuhan pangan lainya.

Kegiatan Panen Perdana dan Training of Trainer Bawang Merah Biji (TSS) Varietas SANREN F1, yang merupakan benih bawang Varietas terbaru dari Cap Panah Merah bekerja sama dengan kelompok Tani dan Mahakam Group.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here