Bidan Senior Launching Kampung Bebas TBC

44

KONKEP, KARYASULTRA.ID

Kasus Tuberkulosis (TBC) sangat berbahaya. Saking berbahayanya, jika suatu perkampungan terdapat satu kasus maka dianggap telah terjadi kasus luar biasa. Olehnya, untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut perlu penanganan secara terus menerus. Hal inilah yang dilakukan salah satu Bidan senior di Kabupaten Konawe Kepulauan, Siti Badriah SST., M.KM.

Upaya itu juga sebagai bagian dari reformer Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan IX. Badriah memilih desa Tanjung Batu Kecamatan Wawonii Barat sebagai lokasi launching Smart (serentak multi sektor terlibat) menuju desa bebas TBC.

Upaya itu sudah dilakukan Bidan senior tersebut pada tanggal 27/10/2023. PKA yang diikutinya selama tiga bulan diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap masyarakat. Bahkan Badriah berharap dalam launching dapat memberikan edukasi terhadap bahaya TB. Selain itu juga sebagai upaya peningkatan pemahaman kader TB serta membuka akses informasi seperti apa ciri kasus ini.

Usai Launching juga diharapkan aksi perubahan ini dapat dilanjutkan sebagai wadah untuk menemukan kasus, edukasi serta upaya pengobatan berkelanjutan terhadap penderita. Hingga pada akhirnya penderita TB dalam kembali pulih dan sehat sampai hidup sejahtera.

Dalam kegiatan itu, selain melibatkan pemerintah desa serta masyarakat, Badriah melibatkan pihak TNI dalam hal ini Babinsa, lalu Polisi Bhabinkamtibmas, PKK dan tokoh pemuda.

Penulis: Lisman
Editor: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here