“Baruga Moico” Jadi Program Andalan Tafdil

71
Nampak Abdul Rahman saat berfoto depan rumahnya sebagai bagian dari penerima manfaat pembangunan rumah dalam program Baruga Moico
Nampak Abdul Rahman saat berfoto depan rumahnya sebagai bagian dari penerima manfaat pembangunan rumah dalam program Baruga Moico

BOMBANA, KARYASULTRA.ID – Bupati Kabupaten Bombana Tafdil pada periode keduanya tampaknya tak hanya mengedepankan pembangunan infrastruktur jalanya saja, melainkan juga pembangunan pada Sumber Daya Manusianya (SDM) orang nomor satu pada wilayah itu terus berupaya melahirkan kualitas SDM yang baik. Sehingga pemerintah setempat getol membangun sarana penunjang bagi masyarakat.

Selain Gembira Cerdas (Bantuan Belajar) program yang sudah dikucurkan Tafdil terdapat juga salah satu program andalannya yakni “Baruga Moico” program ini berguna bagi masyarakat Bombana yang belum memiliki hunian dan berkategori tidak mampu.

Abdul Rahman salah seorang warga di kabupaten Bombana yang mendapatkan bantuan rumah hunian ‘Baruga Moico’ dia mengaku, adanya bantuan rumah yang diberikan oleh pemerintah itu sangat bermanfaat untuk dia dan keluarganya.

“Alhamdulillah sekarang dengan adanya Bantuan perumahan ‘Baruga Moico’ kami tidak memikirkan lagi untuk sewa rumah kontrakan,” terang Abdul Rahman.

Abdul Rahman yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang ojek mengaku sangat bersyukur atas bantuan rumah hunian tersebut, bagaimana tidak, jika hanya berharap pada profesi yang dilakoninya itu penghasilannya hanya dapat memenuhi kebutuhan makan sehari hari. Sedangkan harga sewa kontrakan pada wilayah Bombana berkisar Rp 500 ribu untum setiap bulanya.

“Rumah ‘baruga Moico’ adalah sesuatu yang patut di banggakan karena ini adalah bentuk kepedulian Bupati Bombana kepada masyarakat yang berkategori tidak mampu,” tuturnya, senin (06/12)

“Terserah orang mau bilang program ‘Baruga Moico’ seperti apa bagi mereka bangunan ini seperti oven tapi bagi kami yang merasakan ini adalah nikmat yang luar biasa,” tambahnya.

Berdasarkan data, tercatat salam kurun waktu tiga tahun ini bangunan rumah hunian ‘Baruga Moico’ sudah mencapai angka 1710 rumah
2018 : 619
2019 : 597
2020 : 494

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here