Aura Kepemimpinan Muh Arham di KNPI Bombana

119
Ketua KNPI Bombana, Muh Arham saat mengunjungi SDN 145 Hukaea. Pengurus KNPI Bombana membagikan alat belajar.
Ketua KNPI Bombana, Muh Arham saat mengunjungi SDN 145 Hukaea. Pengurus KNPI Bombana membagikan alat belajar.

BOMBANA, KARYASULTRA.ID- Ketua KNPI Sultra, Muhammad Amsar tidak salah menunjuk Muh Arham sebagai karateker KNPI Bombana. Keputusan tiga bulan lalu yang diamanahkan kepada Arham berbuah manis yang langsung dirasakan masyarakat Bombana. Satu per satu kegiatan yang bersentuhan langsung di masyarakat diwujudkan. Mulai dari berbagai sembako, menguatkan sektor ekonomi kreatif, UMKM dan yang terbaru mengunjungi sekolah dasar yang kondisi bangunannya sangat memprihatinkan. Langkah-langkah ini adalah bagian terkecil dari komitmen KNPI Bombana untuk turun langsung di tengah masyarakat.

Komitmen kuat ini lahir dari aura kepemimpinan Muh Arham. Sebab berhasil dan gagalnya suatu lembaga tergantung pada leader atau sosok pemimpinnya. pemimpin sangat menentukan berhasil tidaknya suatu organisasi, karena pemimpin menentukan dan mengambil kebijakan strategis. Oleh sebab itu jika pemimpin itu tidak baik jangan harap organisasi bisa berhasil.

Muh Arham saat membagikan alat perbengkelan.
Muh Arham saat membagikan alat perbengkelan.

Seorang pemimpin yang visioner membuat mereka akan dapat menciptakan serta menjadikan sebuah organisasi menjadi lebih maju dan berkembang. Pemimpin tidak hanya bermimpi untuk masa depan, namun harus dibarengi dengan suatu tindakan strategis yakni pemimpin visioner mengubah visi organisasi menjadi kenyataan.

Patut dijadikan contoh langkah langkah strategis yang dilakukan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bombana dalam mengemban peran sebagai organisasi Kepemudaan dan lebih merakyat.

Ditangan Muh Arham DPD KNPI Bombana telah mensukseskan beberapa program diantaranya pembagian sembako kepada warga yang kurang mampu. Tak sebatas itu KNPI Bombana juga berperan aktif dalam mendorong pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM) pada dunia pendidikan di Daerah tersebut. Pasalnya belum lama ini KNPI Bombana mengunjungi Sekolah yang kondisinya masih memprihatinkan. Salah satunya SDN 145 Watu-Watu.

“Pada Kamis (4/11/2021) DPD KNPI Bombana melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Bombana perihal Respon Cepat Atas Kondisi Gedung SDN 145 watu-watu yang Berlokasi di Hukaea yang sangat Memperihatinkan,” kata Arham Kepada Karyasultra.id, Jumat (12/11/2021).

Menurut Arham, apa yang dilakukanya itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai bentuk pengabdian KNPI Bombana kepada rakyat. “Kita terus mendorong pembangunan Sumber Daya Manusia dalam dunia pendidikan dan sebagainya sehingga kita melahirkan kader kader yang berkualitas apa yang kami lakukan ini hanyalah sebagai bentuk pengabdian kami DPD KNPI Bombana kepada masyarakat,” ungkapnya.

Tak hanya sebatas itu, KNPI Bombana kembali menunjukan bukti pengabdiannya kepada rakyat. KNPI Bombana mendorong semua pelaku UMKM khususnya dari unsur pemuda untuk serius dalam menggeluti dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif. dengan cara memfasilitasi pelaku Usaha ekonomi produktif kepada Pemerintah Daerah.

Salah satunya pelaku usaha perbengkelan yang ada di Bombana melalui komunikasi yang dilakukan DPD KNPI Bombana pelaku usaha tersebut mendapat bantuan berupa Air Compressors dan alat perbengkelan lainya dari Dinas Perindustrian Dagang (Disperindag-Bombana).

“Hal ini bertujuan agar mendapatkan intervensi yang nyata dari pemerintah dalam hal ini OPD terkait. Dengan demikian diharapkan dapat ikut serta menggerakkan ekonomi masyarakat yang sempat lesu karena musibah pandemi covid-19,” jelas Arham.

Ditambahkannya pihaknya akan terus mendorong pemuda untuk serius dalam menggeluti dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif pihaknya akan tetap berkoordinasi kepada pemerintah setempat mengenai bantuan bantuan usaha mikro.

“Insya Allah tahun depan kita akan lakukan lagi membantu saudara saudara kita yang menggeluti usaha ekonomi produktif agar mendapat bantuan bantuan usaha dari pemerintah Ini kan sudah dipenghujung tahun anggaran, jadi terbatas,” tegasnya.

“Asal punya usaha nanti kita liat sektor apa dan apa yang KNPI harus lakukan untuk intervensi pengembangannya ke depan. Harapan kita pemuda bisa jadi lokomotif ekonomi baru, lewat UMKM,” tambah Arham.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here